PENGARUH PTM TERBATAS TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 SORONG

Main Article Content

VINA N VAN HARLING
http://orcid.org/0000-0002-2533-0351
Sukoco Sukoco
Stefany Margareta Martono

Abstract

Kebijakan yang diterapkan selama pandemic yang memiliki cukup tantangan ini, pada akhirnya berakhir dengan dikeluarkannya kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), namun dalam pelaksanaannya,  sistem pembelajaran tatap muka terbatas ini masih mengalami kendala yang pada akhirnya melahirkan asumsi apakah pembelajaran yang saat ini diterapkan di SMA Negeri 3 Sorong berupa pembelajaran tatap muka terbatas memiliki efektivitas belajar yang baik bila dilihat dari berbagai variable. Penelitian yang dilakukan menggunakan sampel sebanyak 93 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan melakukan pengujian instrument penelitian dalam hal ini uji validitas dan reliabilitas data. Uji asumsi klasik berupa uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Sementara untuk uji signifikansi dilakukan uji serentak (uji ANOVA) dan Uji Parsial. Hasil analisis data diperoleh Terdapat pengaruh antara tingkat keaktifan belajar, tingkat konsentrasi belajar, tingkat pemahaman siswa saat PTM terbatas terhadap efektivitas belajar siswa secara signifikan

Article Details

How to Cite
VAN HARLING, V., Sukoco, S., & Martono, S. (2022). PENGARUH PTM TERBATAS TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 SORONG. SOSCIED, 5(1), 139-148. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v5i1.446
Section
Articles
Author Biography

VINA N VAN HARLING, Politeknik Saint Paul Sorong

Ilmu Kimia Terapan Program Studi Teknik Mesin Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

References

Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Smk Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 100-111.

Winarti, W. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap dengan Metode Menjodohkan Kotak. Dinamika Pendidikan, 8(2),123 -132.

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83-88.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh tingkat konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 30-33.

L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(2), 203-214.

Septiani, E., & Setyowati, L. (2020, August). Penggunaan media pembelajaran secara daring terhadap pemahaman belajar mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 1, No. 01, pp. 121-128).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang

Radityo, C. (2008). Hubungan Antara Tingkat Stres Kerja Guru dan Tingkat Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa dengan Kinerja Guru SMK Kristen 2 Klaten. Salatiga: PPS. UKSW.

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Jurnal Raudhah, 5(2).

Nurillatiffah, T., Salsabila, N. A., & Pontoh, R. S. (2021). Pengaruh PTM Terbatas Terhadap Efektivitas Belajar pada Tingkat Menengah Atas Negeri di Kota Bandung. E-Prosiding Nasional| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, 10(2), 39-39.
Abstract viewed = 183 times
PDF downloaded = 117 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>