ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN SORONG DAN PENANGGULANGANNYA

Main Article Content

Steni Feni Ema Mubalus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadi kecelakaan lalu lintas (kecelakaan lalu lintas) di Kabupaten Sorong dan upaya yang dilakukan Satuan Lalu lintas Polres Sorong dalam menanggulanginya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer (hasil observasi dan wawancara langsung dengan pimpinan Satuan lalu lintas Polres Sorong) dan sekunder (laporan tertulis kecelakaan lalu lintas, peraturan perundang-undangan dan tulisan ilmiah lainnya). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, setelahnya dianalisis secara deskriptif. Kami menemukan bahwa bahwa korban kecelakaan lalu lintas dominan terjadi pada pelajar laki-laki dengan korban meninggal dunia sebesar (345 kasus). Adapun faktor penyebab kecekalaan lalu lintas dikarenakan faktor: manusia, yang disebabkan karena tidak disiplin pengendara dalam berkendara misalnya mengemudi dalam keadaan mabuk; kedua, kondisi jalan yang rusak dan berlobang, yang dapat membahayakan serta minimnya lampu penerangan jalan di sebagian wilayah di kabupaten sorong; ketiga, kendaraan, dikarenakan masih banyak dijumpai kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan spion pada motor serta kendaraan yang mengangkut material melebihi kapasitas. Untuk menangani angka kecelakaan di kabupaten sorong maka Sanlantas Polres Sorong telah melakukan beberapa upaya penanggulangan dengan cara: preventif dan represif. Preventif dengan cara memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada seluruh masyarakat terkait dengan aturan dalam berlalu lintas agar selalu mentaati peraturan lalu lintas guna menjaga keselamatan, sedangkan upaya represif yaitu memberikan sanksi bagi pelanggar lalu lintas dan hukuman pidana bagi pelaku dalam kecelakaan lalu lintas baik yang disengaja maupun tidak disengaja sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Keywords : Faktor kecelakaan lalu lintas, Penanggulangan kecelakaan lalu lintas

Article Details

How to Cite
Mubalus, S. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN SORONG DAN PENANGGULANGANNYA. SOSCIED, 6(1), 182-197. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i1.624
Section
Articles

References

Mahawati, E., & Prasetya, J. (2013). Analisis penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial kecelakaan lalu lintas pada remaja di semarang. Semantik, 3(1).

Herawati, H. (2014). Karakteristik Dan Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Indonesia Tahun 2012. Warta Penelitian Perhubungan, 26(3), 133-142.

Triawan, F., & Susilo, B. H. (2023). Prioritas Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan (LRK) pada Jalan Nasional. Jurnal Teknik Sipil, 19(1), 12-26.

Yani, A., Sukmana, I., & Forda, G. (2023, May). Penanganan Black Spot dan Blind Spot Jalan Raya Dalam Upaya Mengurangi Tingkat Kerugian Masyarakat Baik Finansial Maupun Korban Jiwa. In Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) (Vol. 3, No. 1).

Saputra, A. D. (2018). Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dari Tahun 2007-2016. Warta Penelitian Perhubungan, 29(2), 179-190.

Agung, J., Madiong, B., & Makkawaru, Z. (2022). Analisis Pelaksanaan UU Nomor 22 Tahun 2009 Terhadap Resiko Kecelakaan Lalu Lintas Pada Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Barat. Indonesian Journal of Legality of Law, 4(2), 117-123.

Hidayati, A., & Hendrati, L. Y. (2016). Analisis risiko kecelakaan lalu lintas berdasar pengetahuan, penggunaan jalur, dan kecepatan berkendara. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 275-287.

Yassin, G., Ismail, D. E., & TIjow, L. M. (2020). Penegakan Hukum Kecelakaan Lalu Lintas Akibat Jalan Rusak. Gorontalo Law Review, 3(2), 122-136.

Putra, O. V., & Gustri, I. N. (2023). Sistem Deteksi Marka Jalan Berbasis Convolutional Neural Network. Journal of Computer Engineering, Network, and Intelligent Multimedia, 1(1), 1-13.

Siregar, Z., & Dewi, I. (2020). Analisis Ruas Jalan Lintas Sumatera Kota Tebing Tinggi Dan Kisaran Sebagai Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil)/Journal MESIL (Machine Electro Civil), 1(2), 63-73.

Sumantri, A. S. (2018). Studi Ketrampilan Berkendara Terhadap Perilaku Aman Berkendara Pada Taruna STIMART “AMNI” Semarang. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim, 17(2).

Wisudawati, D. A., & Sylviana, R. (2013). Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot Area) Berbasis Sistem Informasi Geografis. Bentang: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 1(2), 92-105.

Widodo, B. (2019). Social Distance dan Social Conflict di Tengah Covid-19 Social Distance and Social Conflict in Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala (JIKeMB), 1, 1.

Sarah, U. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kelelahan Kerja (Fatigue) Pada Polisi Lalu Lintas Polresta Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Anggarasena, B. (2010). Strategi Penegakan Hukum Dalam Rangka Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas Dan Mewujudkan Masyarakat Patuh Hukum (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Rompis, A., Mallo, J., & Tomuka, D. (2016). Kematian akibat kecelakaan lalu lintas Kota Tomohon tahun 2012-2014. e-CliniC, 4(1).
[17] Prameswari, H. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Berkendaraan Remaja (Usia 12-15 Tahun). Jombang: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika.

Santoso, N. A., Hasbullah, A., & Muwahid, M. (2020). Legalitas Jasa Transportasi Online Dalam Perspektif Pengaturan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Mimbar Yustitia, 4(1), 14-27.

Agus, A. A., Mustari, M., & Umar, F. (2016). Analisis Tingkat Kepatuhan Hukum Berlalu Lintas Bagi Pengemudi Angkutan Umum Antar Kota Di Makasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik" Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik", 6(2), 55-64.

Khisty, C. J. (2003). A systemic overview of non‐motorized transportation for developing countries: An agenda for action. Journal of advanced transportation, 37(3), 273-293.

Hubdat, 2006 --> Purnama, A., Negara, K. M. T., Ilfiani, P. D., & Java, R. I. P. (2023). ANALISIS KINERJA ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) DI KOTA SUMBAWA. Jurnal SainTekA, 4(1)

Munawar, A. (2006). Reformasi Angkutan Umum Perkotaan di Yogyakarta. Prosiding the 2nd National Civil Engineering Conference, Unika Soegijapranata Semarang (pp. 20-21).
Abstract viewed = 649 times
PDF downloaded = 1859 times