IMPLEMENTASI AI DALAM MEMBANGUN ANIMASI SAHABAT IMAJINER ANAK AUTIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Main Article Content

Puput Noviani Prayogo
Listiarini Edy Sudiati
Moh Rofi

Abstract

Autism Sentrum Disorder atau yang lebih dikenal dengan anak autis, memiliki permasalahan kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Kesadaran masyarakat terkhusus orang tua anak autis akan Pendidikan inklusi bagi anaknya masih sangat kurang, ditambah langkanya media belajar interaktif yang bisa digunakan anak autis, sehingga kebutuhan akan Pendidikan untuk anak autis kurang. Penelitian ini bertujuan membangun animasi sahabat imajiner bagi anak autis yang berfungsi sebagai teman bermain sekaligus media belajar. Media pembelajaran ini sangat interaktif dan sesuai kebutuhan anak autis. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian dan pengembangan karena menghasilkan produk, yaitu media belajar bagi anak autis. Media ini berupa animasi 3D yang dibangun dengan menggunakan teknologi AI untuk grafik yaitu Leonardi.AI, pembuatan video dari gambar menggunakan Runway ML, pengisian suara animasi menggunakan teknologi Text To Speech yaitu narakeet dan editing video menggunakan Capcut.

Article Details

How to Cite
Prayogo, P., Sudiati, L., & Rofi, M. (2023). IMPLEMENTASI AI DALAM MEMBANGUN ANIMASI SAHABAT IMAJINER ANAK AUTIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. SOSCIED, 6(2), 593-602. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.728
Section
Articles

References

[1] Gargiulo, R. M., & Metcalf, D. (2021). Teaching in Today’s Inclusive Classrooms: A Universal Design for Learning Approach (4 th Editi). Cengage.
[2] Mundy, P., & Markus, J. (1997). On the Nature of Communication and Language Impairment in Autism. Mental Retardation and Developmental Disabilities Research Reviews, 3(4), 343–349.
[3] Iuculano, T., Rosenberg-Lee, M., Supekar, K., Lynch, C. J., Khouzam, A., Phillips, J., … Menon, V. (2014). Brain Organization Underlying Superior Mathematical Abilities in Children with Autism. Biological Psychiatry, 75(3), 223–230. https://doi.org/10.1016/j.biopsych.2013.06.018
[4] Hallmayer, J., Spiker, D., Lotspeich, L., McMahon, W. M., Petersen, P. B., Nicholas, P., … Ciaranello, R. D. (1996). Male-to-Male Transmission in Extended Pedigrees with Multiple Cases of Autism. American Journal of Medical Genetics - Seminars in Medical Genetics, 67(1), 13–18. https://doi.org/10.1002/(SICI)1096-8628(19960216)67:1<13::AID-AJMG2>3.0.CO;2-T
[5] Swillen, A., Hellemans, H., Steyaert, J., & Fryns, J. P. (1996). Autism and Genetics: High Incidence of Specific Genetic Syndromes in 21 Autistic Adolescents and Adults Living in Two Residential Homes in Belgium. American Journal of Medical Genetics, 67(3), 315–316. https://doi.org/10.1002/(SICI)1096-8628(19960531)67:3<315::AID-AJMG9>3.0.CO;2-L
[6] Szatmari, P., Jones, M. B., Holden, J., Bryson, S., Mahoney, W., Tuff, L., … Hoult, L. (1996). High Phenotypic Correlations among Siblings with Autism and Pervasive Developmental Disorders. American Journal of Medical Genetics - Seminars in Medical Genetics, 67(4), 354–360. https://doi.org/10.1002/(SICI)1096-8628(19960726)67:4<354::AID-AJMG7>3.0.CO;2-M
[7] C. Effendi and P. Satwiko, “Peran Artifical Intelligence dalam Tahap Perencanaan dan Perancangan Desain Arsitektur,” JoDA J. Digit. Archit., vol. 1, no. 1, p. 52, 2021, doi: 10.24167/joda.v1i1.3682.
[8] N. Sanjaya, “Studi Desain Produk Inovatif Tas Ransel Berbasis Artificial Intelligence,” pp. 1–6, 2020.
[9] M. Sobron and Lubis, “Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu,” Semin. Nas. Tek. UISU, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134.
[10] Pramadewi, P. M. M., Kesiman, M. W. A., & Darmawiguna, I. G. M. (2013). Pengembangan Aplikasi Text to Speech untuk Bahasa Bali. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 219.
[11] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta. Aswandi, Ernita Arif, Elva Ronaning Roem, (2023), “Efektivitas Metode Applied Behaviour Analysis Komunikasi Ekspresif Anak Autis di Sekolah Luar Biasa”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 5 Nomor 2.
[12] Nurhusni Kamil, Maratun Sholihah, Utami Kumala Dewi, Hadijah, dan Khamim Zarkasih Putro, (2023), “Pemberian Layanan Pendidikan untuk Anak Autis: Metode Pendekatan Pembelajaran Prompting”, Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 2.
[13] Ishartiwi, Sukinah, Dewi Barotut Taqiyah, “Pelaksanaan Asesmen dan Intervensi Anak Autisme” 2023, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 7 Issue 3.
[14] Wiwik Norlita, Isnaniar, Maya Sari, (2021), “Kemampuan Perhatian Anak Autisme Pada Permainan Puzzle Di SLB Melati Rumbai Pekanbaru”, Jurnal Kesehatan As-Shiha.
[15] Frans Laka Lazar, 2020, “ Pentingnya Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”, JKPM: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 12, No 2.
[16] Eva Santi Hutasoit, Yeni Devita, Novi Yanti, Nadya Afriliya, 2023, “Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Pola Asuh Orang Tua Dalam Merawat Anak Autisme Di Sekolah Luar Biasa Anak Mandiri”, Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan, Volume 14 No 1, Hal 28 – 34.
[17] Hanna Qurrotul Aini, Dewi Tresnawati, M.T, (2019), “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa”, Jurnal Algoritma, Vol. 16; No. 01.
[18] Mukhammad Luqman Hakim, (2020), “Multimedia Interaktif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus”, Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3 (1).
[19] Faizal Fardani dan Sayatman, (2020), “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android sebagai Penunjang Proses Belajar Kognitif pada Anak Autis di SLB”
[20] Shidqie Alisyafiq, Bella Hardiyana, Rani Puspita Dhaniawaty, (2021), “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa”, Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus.
[21] Farah N. M, (2020), “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Anak Tunagrahita Ringan”, JURNAL PENDIDIKAN Volume 29, No.2.
Abstract viewed = 50 times
PDF downloaded = 39 times

Most read articles by the same author(s)