MEMBANGUN MODEL e-COMMERCE BERBASIS BISNIS MODEL CANVAS DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM & MENERAPKAN SEO

Main Article Content

Lulus Sugiatun
Listiarini Edy Sudiati
Daniel Alfa Puryono

Abstract

Disamping peluang yang seluas-luasnya namun kebangkitan revolusi Industri 4.0 juga berpotensi membawa dampak serta tantangan bagi UMKM. Dengan hadirnya teknologi canggih di era Industri 4.0 seperti AI, IoT dan robotika, UMKM perlu beradaptasi agar tetap berjaya dan memiliki daya saing, serta mampu memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah seturut perkembangan jaman. Persaingan terus meningkat seiring adopsi teknologi dan munculnya model bisnis yang baru, sehingga UMKM harus menemukan jalan keluar untuk membedakan diri dengan UMKM lain dan harus menonjol di pasaran. Untuk itu pelaku UMKM harus memahami konsumennya dan mendisain produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen (pelanggan). Kolaborasi atau Kerjasama dengan dunia usaha serta pemangku kepentingan yang lain untuk dapat mengakses pangsa pasar serta sumber daya baru, harus dipikirkan pula oleh pelaku UMKM. Ada beberapa strategi yang perlu dipersiapkan dan dijalankan oleh pelaku UMKM di era Industri 4.0 antara lain, pelaku UMKM wajib meningkatkan ketrampilan digitalnya serta berinvestasi ke teknologi & inovasi baru, mengadopsi praktik berkesinambungan dalam memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah. Strategi yang lain adalah dengan memanfaatkan e-commerce & chanel pemasaran digital untuk memperluas akses pasar. (sumber “Persiapan UMKM menuju revolusi industry 5.0..”,  “Peran dan Kesiapan UMKM Jelang Era Society..”, “Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi..” ). Penelitian ini bertujuan memberikan solusi atas masalah dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku-pelaku UMKM pada umumnya dan pelaku UMKM Kelurahan Mlatiharjo pada khususnya, yaitu dengan merancang platform e-Commerce dengan memanfaatkan CMS dan menggunakan analisa Bisnis Model Canvas, serta UML untuk tools perancangan sistemnya dan menerapkan SEO.

Article Details

How to Cite
Sugiatun, L., Sudiati, L., & Puryono, D. (2023). MEMBANGUN MODEL e-COMMERCE BERBASIS BISNIS MODEL CANVAS DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM & MENERAPKAN SEO. SOSCIED, 6(2), 567-577. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.729
Section
Articles

References

Nafisa Salma Az-Zahra, 2021, “Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM”, NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science.

Avip Kurniawan, Herry Wahyono, Nuke L Chusna, Risanto Darmawan, Mega Wahyu Rhamadani, 2023, “Implementasi Penggunaan Website E-Commerce Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat pada Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, Vol. 2 No. 3 (Agustus 2023)

Riska Utamia, Achmad Fauzi, 2023, “Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Revolusi Industri 4.0”, JURNAL JAMAN Vol 3 No.1 April 2023.

Husnurrosyidah, 2019, “E-Marketplace UMKM Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Islam”, EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, Volume 7, Nomor 2, 2019.

Fauziyah , 2020, “Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting”, JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), JMK 5 (2) 2020.

Dedi Riandika, Agus Umar Hamdani, 2020, “ Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop”, Jurnal Media Informatika Budidarma, Volume 4, Nomor 3, Juli 2020.

Faisal, Anita Diana, Dyah Retno Utari, 2021, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman“, Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA Vol 5 No 3 November 2021.

Humisar Hasugian, Firmanto, 2022, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Kayra Nu Hijab”, Indonesia Journal Information System (Idealis), Volume 5, Nomor 1, Januari 2022

Mohamad Aseprudin, Grace Gata, 2020, “Penggunaan Content Management System Wordpress Pada Toko Redsoul Untuk Penerapan Aplikasi E-Commerce”, Jurnal IDEALIS Vol. 3 No. 1, Januari 2020.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta. Aswandi, Ernita Arif, Elva Ronaning Roem, (2023), “Efektivitas Metode Applied Behaviour Analysis Komunikasi Ekspresif Anak Autis di Sekolah Luar Biasa”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 5 Nomor 2.

F. Royan, Bisnis Model Kanvas Distributor. PT. Gramedia, 2005.
K. Hernawati, “Optimalisasi SEO (Search Engine Optimizer) Sebagai Upaya Meningkatkan Unsur Visibility Dalam Webometric,” in Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2019.

https://www.cloudeka.id/id/berita/web-dev/apa-itu-cms-dan-bagaimana-cara-kerjanya/.

https://upttik.undiksha.ac.id/pengertian-jenis-manfaat-dan-cara-kerja-seo-search-engine-optimization/

https://glcworld.co.id/penjelasan-business-model-canvas/
Abstract viewed = 29 times
PDF downloaded = 27 times