PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA EFEK DOPPLER
Abstract
Penerapan media audio visual dalam pembelajaran adalah penggunaan teknologi multimedia secara audio (suara) dan visual (gambar atau video), dengan tujuan meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika Efek Doppler dengan menerapkan media audio visual pada pembelajaran model Problem Based Learning. Penelititan dilakukan dengan menggunakan metode Pre-Eksperimenta Design dengan rancangan one-group pretest-posttest. Teknik sampling menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI 1 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dengan observasi, dokumentasi dan tes. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai dari pretest dan posttest. Selanjutnya dianalisis dengan uji normalitas dan hipotesis (uji-t). Perolehan nilai rata-rata untuk pretest 38,45 dan posttest 81,70. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media audio visual pada pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model Problem Based Learning disertai media audio visual dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika sebagai alternatif dikarenakan minat dan hasil belajar yang cukup baik.
References
Fitriah, Dhia, and Meggie Ullyah Mirianda. 2019. “Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri: 148–53.
Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan model pbl berbantu media audio-visual terhadap hasil belajar tema indahnya keberagaman di negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342-350.
Nurlia, S., Werdhiana, I. K., & Pasaribu, M. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning disertai media audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum newton dan penerapannya di kelas X SMAN 5 model palu. Jurnal Kreatif Online, 8(1).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3 (1), 171.
Tasya, Nabillah, and Agus Prasetyo Abadi. 2019. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.†Sesiomedika: 660–62.
Pondoki, P. H., Warouw, Z. W. M., & Rungkat, J. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Steam Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Soscied, 6(1), 154-171.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.
Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88-98.
Nurlia, S., Werdhiana, I. K., & Pasaribu, M. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning disertai media audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum newton dan penerapannya di kelas X SMAN 5 model palu. Jurnal Kreatif Online, 8(1).
Faiqoh, E. Y., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statis dengan Berbantuan Media Audio-Visual dan PhET Simulations. FKIP e-PROCEEDING, 4(1), 219-223.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Parasamya, C. E., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan fisika, 2(1), 42-49.
Prima, E. C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 179-184.
Sondole, V., Taunaumang, H., & Komansilan, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Elastisitas Bahan Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 31-36.
Hernawati, E. (2018). Meningkatkan hasil belajar fisika melalui penggunaan metode demonstrasi dan media audiovisual pada siswa kelas x man 4 jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118-131.
Suwarna, I. P. (2014). Pengaruh media audio-visual (video) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep elastisitas.
Thesarah, R. H., Subagiyo, L., & Qadar, R. (2021). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual dengan aplikasi powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMK Negeri 6 Samarinda. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 31-40.
Nurlia, S., Werdhiana, I. K., & Pasaribu, M. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning disertai media audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum newton dan penerapannya di kelas X SMAN 5 model palu. Jurnal Kreatif Online, 8(1).
Copyright (c) 2024 SOSCIED

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong