Implementasi Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Main Article Content

Endang Surya
Cosmas Poluakan
Jovialine Rungkat
Milan Rogahang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Siau Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen one group pretest-postest design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil belajar dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample T-tets dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05, maka tolak Ho dan terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi model project based learning terhadap hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Siau Timur.

Article Details

How to Cite
Surya, E., Poluakan, C., Rungkat, J., & Rogahang, M. (2024). Implementasi Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. SOSCIED, 7(1), 202-209. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i1.782
Section
Articles

References

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71.

Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, No. 9, pp. 176-186).

Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran abad 21 dengan model pembelajaran project based learning berbasis STEM bagi guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalitas Guru), ed. Jakarta : Rajawali Pers.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa matakuliah kapita selekta matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. EduTech : Jurnal Ilmu Pendidikan da Ilmu Sosial, 5(1).

Estu, M. (2019). Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tatanggihe, O., Suriani, N. W., Harahap, F., Rungkat, J. A., & Warouw, Z. W. (2023) Pengembangan LKPD model PJBL pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 8 SATAP Tondano. SOSCIED, 6 (2), 347-353.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Nugraheni, D. (2018). Analisis Respon SiswaTerhadap Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada MateriKalor dan Perpindahannya. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 1).

Ulfana, U. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terhadap keterampilan proses sains dan berpikir kreatif siswa kelas XI di MA NW Korleko Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Sitompul, N., Sihombing, S. A. A. S., & Manurung, S. R. (2020). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 64-69.

Purnamasari, I., & Ningsih, K. (2016). Pengaruh Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Submateri Pencemaran Lingkungan Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(4).

Safaruddin, N. F., & Rudi, L. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 9(1), 40-54.
Abstract viewed = 138 times
PDF downloaded = 113 times

Most read articles by the same author(s)