PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Main Article Content

Alfian Bululung
Aswin Mandolang
Jeilen N. G Nusa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Listrik Dinamis di SMP Negeri 7 Halmahera Selatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian yang mengacu pada True Exsperimental Desain, dalam bentuk pretest - posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 7 Halmahera Selatan, yang terdiri dari dua kelas yakni kelas A 20 siswa dan B 20 siswa, dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas B sedangkan kelas eksperimen yaitu kelas A. adapun materi yang di ajarkan yaitu Litrik Dinamis. Hasil analisis data diperoleh dari nilai pretest, posttest diuji menggunakan (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa  penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 7 Halmahera Selatan terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi listrik dinamis. Dengan nilai sebagai berikut nilai hasil belajar 3.210 > TTabel α (0,05) 1.686, maka hal ini dapat disimpulkan penerapan pendekatan SAVI dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan

Article Details

How to Cite
Bululung, A., Mandolang, A., & Nusa, J. (2024). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. SOSCIED, 7(2), 389-396. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.839
Section
Articles

References

Wartono. (2003). Strategi Belajar Mengajar Fisika. Malang: Universitas Negeri Malang

Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Instruksional Sains Jurdik Fisika FMIPA UNY.

Knutsson, H., Thomasson A and Nisson. (2010). Reality Based Learning. International Journal of teching and learnig in higher education, 22 : 277-285.

Rustaman, Nuryani Y. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung . fmipa Upi

Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor - faktor Yang Mempengaruhinya . Jakarta: Rineka Cipta.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Muhibbin, (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Cet. IV.

Sudjana, nana. (2009). Penilaian hasil Proses belajar mengajar : Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.

Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Shiddiq (2017). Penerapan Model Pemelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Di SMAN I Serang-Panjang. Skripsi

Nafi’ah. U.N. (2009). Penerapan Pendekatan Somatis Auditori Visual Dan Itelektual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Siswa Kelas VIII SMP Institut Indonesia Semarang. Skripsi
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 15 times