PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI MATRIKS DI SMK N 1 TOULUAAN

Main Article Content

Calvin Panekenan
Rosiah J. Pulukadang
Anneke Pesik

Abstract

This study examines the application of two different learning models in learning matrix operation mathematics at SMK N 1 Touluaan. This research used experimental method with pretest-posttest experiment group design, involving two randomly selected classes with the number of samples of each class of 20 students and the experimental class applied Problem-Based Learning and the control class applied direct learning. The results showed that there was a significant difference between the learning outcomes of students taught using the Problem-Based Learning model and students taught using the direct learning model. In this study using the t-test to test the data, with the results of the value of t_hitung = 3.239041637> t_tabel = 1.68595 with a real level α = 0.05 this means reject H_0 and accept H_1. The Problem-Based Learning model is proven effective in improving student learning outcomes on matrix operation material.

Article Details

How to Cite
Panekenan, C., Pulukadang, R., & Pesik, A. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI MATRIKS DI SMK N 1 TOULUAAN. SOSCIED, 7(2), 665-672. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.874
Section
Articles

References

Kamu, M. C., Sulangi, V., & Kaunang, D. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Pemodelan Matematika Berbantuan Geogebra-Classroom. Jurnal Sains Riset, 13(1), 65-70.

Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada operasi pada matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51-60.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129.

Burhana, A., Octavianti, D., Anggraheni, L. M. R., Ashariyanti, N. D., & Mardani, P. A. A. (2021). Model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan cara berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar. SNHRP, 3, 302 307.

Laila, N., & Eriyanto, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Shalat Berjamaah Kelas VII. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 203-214.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646.

Rosydiah, R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI IPS 2 Semester Ganjil Tp 2018/2019 Pada Materi Matriks di Man 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1960-1973.

Sinabutar, R. M., Tuerah, P. E., & Pulukadang, R. J. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas VII SMP Negeri 4 Tondano Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 47-52.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahayu, D. W. (2018). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kreativitas anak sekolah dasar. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1372.

Santi, I., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X Jurusan Otomotif SMK pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1584-1602.

Kiftiah, N. (2022). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(1), 13-18.

Onibala, T. A., Pulukadang, R. J., & Tilaar, A. L. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Blended Learning; Eksperimentasi Pada Pembelajaran Matematika Topik Operasi Matriks. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 09-17.

Walpole, R. E., Myers, R. H., Myers, S. L., & Ye, K. (2012). Probability & Statistics for Engineers & Scientists (9th ed.). PEARSON.
Abstract viewed = 127 times
PDF downloaded = 45 times