PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script di SMP Negeri 8 SATAP Tondano. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative script pada siklus I yaitu 57,14% meningkat pada siklus II 92,86%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni pada siklus 1 dengan persentase 46,42 kategori aktivitas yang kurang, meningkat pada siklus 2 dengan persentase 82,14 termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 8 SATAP Tondano.
References
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajran. Yogyakarta: Pustaka Pejara
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Alit, Mahisa. (2002). Pembelajaran Kooperatif, Apa dan Bagaimana. Cirebon: SD Negeri 2 Bungko
Manaida, M. C., Sasinggala, M., & Posumah, D. C. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REMBOKEN. SOSCIED, 7(1), 11-20.
Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas; Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Zico Rozi, Harmoko dan Fety Teresa. (2018). Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan IPA dan Sains (BIOEDUSAINS) 1 (1) : 23-33.
Pesik, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Inteligensi. SOSCIED, 7(1), 285-295.
Ruitan, A. J. A., Suriani, N. W., Rondonuwu, A. T., Komansilan, A., Wola, B. R., Rogahang, M. K., & Mirontoneng, G. I. Z. (2023). Keterampilan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran eksploratif fenomena lokal dan global mengenai radiasi cahaya matahari dan suhu di Danau Tondano. Journal on Teacher Education, 4(4), 419-430.
Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. (2022). Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art†Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. Journal on Teacher Education, 4(1), 190-201.
Copyright (c) 2025 SOSCIED

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong