PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran IPA saat ini masih terfokus pada guru, dimana belum menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa bosan ketika belajar dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) bentuk non equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX A di SMP Negeri 2 Tondano sebagai kelas ekperimen dengan jumlah responden 20 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui pre-test dan post-test. Rata-rata nilai dari hasil belajar siswa yang dicapai untuk kelas eksperimen yaitu 17,95 29,7 dan rata-rata nilai dari hasil belajar siswa yang dicapai untuk kelas kontrol yaitu 29,7. Analisis data dengan uji statistik uji t dengan kriteria pengujian, yaitu terima jika . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 2,024, maka tolak dan terima dari hasil tersebut di peroleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD.
Article Details
How to Cite
Pangkalangi, A., Sasinggala, M., & Harahap, F. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA. SOSCIED, 6(2), 630-637. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.693
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Daga, A. T. & Yoksiana. (2020). Pengaruh Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Aloysius Bandung. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 7-18.
Depdiknas. 2014. Undang-Undang Republic Infonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional. Jakarta
Fatdha, S. E., & Alamsyah, M. (2020). Penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam media pembelajaran multimedia kreatif. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(2), 284-297.
I Putu, A Sudana., Gede A. W., & Hamalik (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.
Maspiro eyoh, 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Inversigasi Kelompok Grup Investigation Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatula Jakarta.
Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2), 469-476
Pane Aprida. 2017. Belajar dan pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman. Vol 03. Nomor 02
Riadi1, Edy Surya (2016) Studi komparasi penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe stad dan strategi konvension jurnal Edumatica.
Syaiful B. djamarah & abuddin nata (2018) Model pembelajran tipe stad Pendekatan dalam mengajar Perspektif.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: alfabeta.
Saadah, F. Y., & Susanti, L. Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ipa kelas VII MTs. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 81-90.
Slavin & Isjoni, (2016) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA
Sulton. 2016. Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Jurnal Elementary. Volume 04. Nomor 01.
Siti Subaidah dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/snts kelas IX Edisi. revisi. Jakarta Kementrian Dan Kebudayaan.
Zulyadaini. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Ja
Depdiknas. 2014. Undang-Undang Republic Infonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional. Jakarta
Fatdha, S. E., & Alamsyah, M. (2020). Penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam media pembelajaran multimedia kreatif. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(2), 284-297.
I Putu, A Sudana., Gede A. W., & Hamalik (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.
Maspiro eyoh, 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Inversigasi Kelompok Grup Investigation Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatula Jakarta.
Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2), 469-476
Pane Aprida. 2017. Belajar dan pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman. Vol 03. Nomor 02
Riadi1, Edy Surya (2016) Studi komparasi penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe stad dan strategi konvension jurnal Edumatica.
Syaiful B. djamarah & abuddin nata (2018) Model pembelajran tipe stad Pendekatan dalam mengajar Perspektif.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: alfabeta.
Saadah, F. Y., & Susanti, L. Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ipa kelas VII MTs. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 81-90.
Slavin & Isjoni, (2016) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA
Sulton. 2016. Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Jurnal Elementary. Volume 04. Nomor 01.
Siti Subaidah dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/snts kelas IX Edisi. revisi. Jakarta Kementrian Dan Kebudayaan.
Zulyadaini. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Ja