Pengembangan E-Modul Berbasis Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano

Main Article Content

Nesya Firdamayanti Toe
Jovialine Albertine Rungkat
Milan Kisy Rogahang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis model problem based learning dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan dan untuk mengetahui respon siswa di SMP Negeri 3 Tondano. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dan angket ahli materi, ahli media, serta respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIIB dengan jumlah  20 orang siswa.  Berdasarkan penilaian angket ahli materi terhadap e-modul yang dikembangkan memperoleh nilai persentase 98,3% kategori sangat layak dan penilaian ahli media memperoleh nilai persentase 97,2% kategori sangat layak, dan rata-rata persentase angket respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh nilai persentase 81% dan 88% kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis model problem based learning pada materi pencemaran lingkungan sudah sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: E-Modul, Problem Based Learning.

Article Details

How to Cite
Toe, N., Rungkat, J., & Rogahang, M. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano. SOSCIED, 6(1), 198-209. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i1.622
Section
Articles

References

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Invotec, 9(2).

Permendikbud. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Paat M., (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, vol.14, No.3. ISSN 1411-2744.

Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi SMPN 5 Tondano. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(2), 469-470.

Warsita, B. (2017). Peran dan Tantangan profesi pengembang teknologi pembelajaran pada pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77-90.

Dwiningsih, K., Sukarmin, M., & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran di era global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156-176.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Diktorat.

Hakim, L. N., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik Di Rumah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 239-250.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course E - Learning Berbasis Moodle (Kedua). UNY Press.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan e-modul ipa berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91-103.

Ningsih, I. S., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Persegi Panjang Untuk Siswa SMP. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(2), 285-294.

Istiqomah, I., Masriani, M., Rasmawan, R., Muharini, R., & Lestari, I. (2022). Pengembangan E-Modul Flipbook IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(5), 9156-9169.

Rokhim, A. R., Suparmi, A., & Prayitno, B. A. (2016). Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Kalor dan Perpindahan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 169-176).

Molenda, M. (2015). In search of the elusive ADDIE model. Performance improvement, 54(2), 40-42.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Juliantini, N. K. P., Darmawiguna, I. G. M., & Putrama, I. M. (2015). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Project Based Learning Untuk Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Produksi (Studi Kasus: Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Sukasada). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 4(5), 592-601.

Rusman. (2016). Pengembangan Model E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Kwangsang Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 4 No.,1–15.

Serevina, V., Astra, I., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student's Science Process Skill. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(3), 26-36.

Mokalu, Y. B., Wowor, E. C., & Tumewu, W. A. (2022). Developing Instagram Application-Based Media To Optimize Student Learning Outcomes Of The Natural Science Education Department Unima. SOSCIED, 5(2), 230-237.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “sistem komputer” untuk siswa kelas x multimedia smk negeri 3 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1).
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 35 times