PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS
Main Article Content
Abstract
Project based learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Tombatu pada materi tekanan hidrostatis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan desain non equivalent pretest posttest control group design yaitu penelitian yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes dalam bentuk soal essay test, penilaian proyek menggunakan rubrik. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen yang diberi perlakuan project based learning didapatkan hasil penilaian rubrik kinerja proyek yaitu pada penilaian persiapan alat dan bahan sebanyak 85%, rancangan 90%, Bentuk fisik 90%, Inovasi alat 85%, pengelola dan penyajian data 90%, laporan proyek 75%, dengan nilai rata-rata pada penilaian proyek sebanyak 85,8% , sehingga dalam hal ini masuk dalam kategori sangat baik. Kemudian dilakukan analisis statistik berupa analisis uji T (Independent sampel t-test) yang menunjukan hasil belajar siswa dikelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Details
How to Cite
Dolok Saribu, C., Taunaumang, H., & Mandang, T. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS. SOSCIED, 7(2), 599-609. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.836
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Septiani, L. R., Indrawati, dan S. Wahyuni. 2014. Pengaruh model guided discovery terhadap keterampilan proses SAINS dan hasil belajar IPA- fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk. Jurnal Pendidikan Fisika.
Paul, Suparno. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Fisika. Jakarta: Grasindo.
Hidayat, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Konsep Momentum, Impuls dan Tumbukan dengan Tes Diagnostik Empat Tahap pada Siswa SMA Kelas XII.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,(2019). Definisi Pengaruh (diakses tanggal 6 Juni 2019 pukul 13.09).
Poerwadarminta., W.J.S, 2005, Kamus Umum Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai. Pustaka).
Sulaeman, Maman. 2016. Aplikasi Project Based Learning (PBL) untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Depok: Bioma Publishing.
Thomas, John W. 2016. “A Review of Research on Project-Based Learning”. http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf.
Ahmad, F. dkk. (2016). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (Mengacu Kurikulum 2013). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press APPTI (Asisiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia).
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Anderson L.W dan Krathwohl, D.R.(2001). A Taxonomy for Lerning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s of Education Objective, New York; Addison Wesley Lonmman Inc.
Azha, M., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 2 Delima Kabupaten Pidie (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Azmiati, N., (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 1 Simpang Kanan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasdum, S., (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Kluet Tengah (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Paul, Suparno. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Fisika. Jakarta: Grasindo.
Hidayat, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Konsep Momentum, Impuls dan Tumbukan dengan Tes Diagnostik Empat Tahap pada Siswa SMA Kelas XII.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,(2019). Definisi Pengaruh (diakses tanggal 6 Juni 2019 pukul 13.09).
Poerwadarminta., W.J.S, 2005, Kamus Umum Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai. Pustaka).
Sulaeman, Maman. 2016. Aplikasi Project Based Learning (PBL) untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Depok: Bioma Publishing.
Thomas, John W. 2016. “A Review of Research on Project-Based Learning”. http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf.
Ahmad, F. dkk. (2016). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (Mengacu Kurikulum 2013). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press APPTI (Asisiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia).
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Anderson L.W dan Krathwohl, D.R.(2001). A Taxonomy for Lerning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s of Education Objective, New York; Addison Wesley Lonmman Inc.
Azha, M., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 2 Delima Kabupaten Pidie (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Azmiati, N., (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMA Negeri 1 Simpang Kanan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasdum, S., (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Kluet Tengah (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.