PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI KALOR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Main Article Content

Megumi Hana Kowaas
Treesje Katrina Londa
Theresje Mandang

Abstract

Model Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Kalor dengan menggunakan Model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design  one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan. Tahapan pertama yaitu dengan memberikan pretest untuk mengukur kemampuan awal peserta didik. Kemudian tahap kedua adalah memberikan perlakuan (treatment) dengan menggunakan model Problem Based Learning dan tahapan yang ketiga yaitu memberikan posttest sebagai evaluasi dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMA N 1 Amurang 2023/2024 kelas XI khususnya yang ada mata pelajaran fisika. Setelah diperoleh data hasil penelitian langkah selanjutnya yaitu dengan mengolah data tersebut secara statistik menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji t one sample maka diperoleh niai sig.(2-tailed) 0,026 dimana nilai ini lebih kecil dari nilai 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian  maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pada hasil belajar peserta didik.

Article Details

How to Cite
Kowaas, M., Londa, T., & Mandang, T. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI KALOR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. SOSCIED, 7(2), 491-498. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.847
Section
Articles

References

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman. (2023). Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Masa Kini. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 80–90.

Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

U.S., S., Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR. formatif, 2(1), 71–81.

Nurfadilah, N., Putra, D. P., & Riskawati, R. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 108–115. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.14

Kristanti, Y. D., Subiki, S., & Handayani, R. D. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran FIsika, 5(2), 122–128.

Mandang, T., & Tulandi, D. A. (2020). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Unima, 1(1), 28–33.

Wita, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup Di STKIP Nasional Padang Pariaman. MENARA Ilmu, XIV(02), 102–109. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2783334

Jaya, B. D., & Sutarto, S. (2020). Metode Eksperimen Terbimbing Dalam Pembelajaran Fisika Di Smp; Studi Hasil Belajar, Efektivitas, Dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Konsep Pesawat Sederhana. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 80–86. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/23139

Wardhany, R. P. K. (2014). Media video kejadian fisika dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1–7.

Andriani, K., Subiki, S., & Supriadi, B. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Video Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1), 36. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i1.19687

Novita, M., & Buku, I. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) sebagai Upaya untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 2, 502–507. https://core.ac.uk/download/pdf/267023933.pdf

Risandy, L. A. (2023). Penerapan Model Based Learning ( PBL ) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Kajian dan Penelitian Umum, 1(4), 95–106.

Rahayu, D. D., Irfan, M., & Lailiyah, N. S. (2021). Pinisi Journal PGSD. 1, 426–435.

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), VI(2), 93–99.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritisdan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–142. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21325
Abstract viewed = 159 times
PDF downloaded = 74 times