PENERAPAN METODE DESAIN THINKING DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PENJUALAN BERBASIS WEB PADA TOKO MULIA PATI

Main Article Content

Uliana Uliana
Adhi Priyanto
Eko Prasetyo

Abstract

Transformasi digital telah menjadi kebutuhan bagi bisnis, termasuk UMKM, agar tetap kompetitif di pasar yang semakin dinamis. Toko MULIA Pati merupakan retail yang bergerak di bidang suku cadang otomotif, menghadapi penurunan penjualan akibat meningkatnya persaingan dan pergeseran perilaku konsumen yang lebih menyukai transaksi daring. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem penjualan berbasis web menggunakan metode Design Thinking untuk meningkatkan daya saing toko. Pendekatan Design Thinking diimplementasikan melalui lima tahap: empati, definisi, ide, prototipe, dan uji coba, dengan fokus pada pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan pengalaman pengguna. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan dan karyawan toko. Prototipe yang dikembangkan mencakup fitur-fitur utama seperti katalog produk, pencarian barang, keranjang belanja, pembayaran, dan pelaporan penjualan. Pengujian kegunaan menggunakan System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor 77,75, yang menunjukkan kategori "Baik" dan kegunaan yang dapat diterima oleh pengguna. Sistem ini terbukti efektif dalam menyederhanakan transaksi, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperluas jangkauan pasar Toko MULIA terutama melalui pembaruan stok secara real-time dan proses pembelian yang lancar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Design Thinking sangat efektif untuk menciptakan solusi digital yang adaptif dan berpusat pada pengguna yang memungkinkan UMKM seperti Toko MULIA tetap relevan dan kompetitif di era digital.

Article Details

How to Cite
Uliana, U., Priyanto, A., & Prasetyo, E. (1). PENERAPAN METODE DESAIN THINKING DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PENJUALAN BERBASIS WEB PADA TOKO MULIA PATI. SOSCIED, 8(2), 416-425. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i2.987
Section
Articles

References

Y. Kusnadi and D. W. Putra, “E-Commerce Berbasis Website pada UMKM Menggunakan Framework Codeigniter 4 (Studi Kasus: Toko Wakuteka),” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 10, no. 1, pp. 257–271, 2024, doi: 10.37012/jtik.v10i1.2101.

G. L. Ambayu and K. D. Hartomo, “Analisis dan Pengujian Sistem Informasi Penjualan Produk UMKM Menggunakan Metode Scrum,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2016–2028, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2229.

R. Wijayanti, T. Sutabri, I. Irwansyah, and I. Effendy, “Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Aplikasi Logbook Magang dalam Perspektif Sosiologi,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 9, no. 2, pp. 1020–1034, 2023, doi: 10.37012/jtik.v9i2.1735.

D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 1615–1626, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.1356.

S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.

R. Lafu, Lidwina Sriwidya, “Pada Usa UKM IKE SUTI Menggunakan Metode WATERFALL Implementation of Online Sales System Based on E-COMMERCE IN,” pp. 37–42, 2021.

I. W. Mauliadi Nur Anggraini, Tiawan, Zia Iman Perdana, Lila Setiyani, Ahmad Najib Mutawally, Annizar Mohhammad Fardani, Anggun Marfela, Alben Mardiansyah, “Desain MOCKUP Aplikasi Parkir.Id Karawang Menggunakan Desain Thinking,” vol. 6, no. 2, pp. 1–23.

R. Rahmanda, R. Amalia, and R. Rasmila, “Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Di Kementerian Agama Ogan Ilir Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 328–339, 2023, doi: 10.37012/jtik.v9i1.1508.

P. W. Putro and B. N. Asiyah, “Jasa Penguna Internet,” vol. 1, no. 2, 2023.

S. Pakpahan, A. Fa’atulo Halawa, K. Kunci, S. Informasi, and D. Desa, “Sistem Informasi Pengelolaan Dana Desa Pada Desa Hilizoliga Berbasis Web,” J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, vol. 05, pp. 109–117, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/767

G. C. Lenardo, Herianto, and Y. Irawan, “Pemanfaatan Bot Telegram sebagai Media Informasi Akademik di STMIK Hang Tuah Pekanbaru,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 4, pp. 351–357, 2020, doi: 10.35746/jtim.v1i4.59.

A. Bangor, P. Kortum, and J. Miller, “Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating,” J. usability Stud., vol. 4, no. 3, pp. 114–23, 2009.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times