EVALUASI PERBANDINGAN MUTU JARINGAN 4G LTE ANTARA PENYEDIA LAYANAN TELKOMSEL DAN INDOSAT OOREDOO DI KOTA PATI

Main Article Content

Yusril Muna
Adhi Priyanto
Daniel Alfa Puryono

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi yang saat ini sedang terjadi, tentunya berimbas juga kepada layanan jaringan Internet yang saat ini hampir seluruh wilayah di indonesia sudah bisa menikmati jaringan 4G LTE. Penyedia layanan seluler harus terus meningkatkan serta mengoptimalkan kualitas jaringan mereka agar sesuai dengan standar KPI yang telah ditetapkan. Penelitian di Kota Pati menggunakan aplikasi G-NetTrack dengan metode Drive Test bertujuan untuk mengukur nilai parameter RSRP, RSRQ, dan SNR. Dimana Provider yang dilakukan sebagai objek penelitian yakni Telkomsel dan Indosat Ooredo. Hasil dari paramter ini menunjukkan bagaimana kualitas dari masing-masing Provider tersebut. Pada metode ini hasil yang sudah didapat dari pengukuran di beberapa titik yang telah ditentukan, nantinya akan di sandingkan dengan standar KPI yang sudah ada. Untuk ditentukan mengenai kategori dari nilai yang didapat setelah pengukuran. Telkomsel menjadi peringkat teratas dalam pengukuran ini. Dengan nilai RSRQ yang rata-rata -8 dB menunjukkan kategory yang sangat baik. Sementara untuk Indosat Ooredoo di beberapa titik lokasi nilai RSRQ nya berkategori normal saja dengan rata-rata nilainya -11,8 dB. Sementara untuk nilai RSRP dan SNR kedua Provider ini hampir sama nilainya.

Article Details

How to Cite
Muna, Y., Priyanto, A., & Puryono, D. (2023). EVALUASI PERBANDINGAN MUTU JARINGAN 4G LTE ANTARA PENYEDIA LAYANAN TELKOMSEL DAN INDOSAT OOREDOO DI KOTA PATI. SOSCIED, 6(2), 521-530. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.718
Section
Articles

References

Bayudin, S., Fauziah, A., Razi, F.,. (2021). “Pengujian drive test untuk menentukan kualitas layanan jaringan dikota lhokseumawe.” Jurnal TEKTRO (Vol.5. No.1)

Efriyendro, R., & Rahayu, Y. (2017). “Analisa Perbandingan Kuat Sinyal 4G LTE Antara Operator Telkomsel dan XL AXIATA Berdasarkan Paramater Drive Test Menggunakan Software G-Net Track Pro di Area Jalan Protokol Panam.” Jom FTEKNIK (Vol.4. No.2)

Evalina, N., Harahap, P., & Adrian, A. R. (2021). “Analisis Perbandingan Kualitas Jaringan 4G LTE Operator X Dan Y Di Wilayah Kampus Utama UMSU.” TRJT (Vol.1.)

Fajar, A. N., & Devia, E. (2017). “Analisa dan optimalisasi jaringan 4g LTE dengan metode electrical tilt menggunakan drivetest.” Jakarta Timur : Jurnal Jiifor.

Farida, F., & Yunianto, A. H. (2020). “Performansi Jaringan 4G Operator Telkomsel di Kota Tanjungpinang Menggunakan Metode Drive Test.” Jurnal Sustainable Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan 9(1):1-7

Ismemet, Y., Sutoyo., Purnamirza , T., Mulyono. (2022). “Analisis perbandingan kualitas sinyal 4G LTE pada beberapa Provider.” INTECOM (Vol.5. No.1)

Jalaluddin, F. Imansyah, F. T. P. W. (2020). “Analisis performansi jaringan dan kualitas sinyal 4g LTE telkomsel di area fakultas teknik untan pontianak.” Teknik Elektro Universitas Tanjungpura (Vol.2. No.1)
Abstract viewed = 38 times
PDF downloaded = 44 times