PERANCANGANGAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DI MA PPKP DARUL MA'LA WINONG-PATI

Main Article Content

Listiarini Edy Sudiati
Ninik Haryani
Ngasri Ngasri

Abstract

Dengan mewabahnya Covid-19 di Indonesia, berdampak bagi dunia pendidikan, demikian juga MA PPKP Darul Ma’La Winong – PATI. Untuk mencegah dan mengurangi resiko penularan virus Covid-19 di lingkungan sekolah dan merujuk pada surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No 1 tahun 2020, maka MA PPKP Darul Ma’La Winong – PATI menetapkankan untuk belajar dari rumah masing-masing. Melalui surat edaran ini Kemendikbud memberikan instruksi kepada seluruh perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan murid untuk belajar dari rumah masing-masing(Firman 2020).Sebelum mewabahnya virus covid-19 di Indonesia, MA PPKP Darul Ma’La Winong – Pati menerapkan model pembelajaran secara luring. Karena tuntutan situasi dan kondisi, model pembejaran ini harus beralih menjadi pembelajaran online. Namun perubahan model pembelajaran ini mengalami kendala karena keterbatasan SDM dan belum adanya sistem yang mengatur, belum tersedianya hardware maupun software, yang mendukung proses pembelajaran online. Masing-masing guru memanfaatkan teknologi informasi yang mereka punya dan kuasai sebagai sarana pembelajaran. Ada yang memanfaatkan Facebook,WA, Google Class Room, Instagram, Google Meet, Zoom, dan ada yang memakai Youtube untuk menerangkan pelajaran. Hal ini mengakibatkan para siswa harus menginstal aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran. Hal ini sangat tidak efektif bahkan sering mendatangkan masalah dalam proses pembelajaran. Kendala - kendala juga dialami para guru dalam memaparkan materi pelajaran juga dalam mengevaluasi hasil belajar siswa.Berdasarkanpermasalahan-permasalahan yang ada, peneliti merekomendasikan untuk mengembangkan metode pembelajaran dengan Learning Management System (LMS) pada MA PPKP Darul Ma’La Winong – Pati di masa pandemi Covid – 19 ini.

Article Details

How to Cite
Edy Sudiati, L., Haryani, N., & Ngasri, N. (2020). PERANCANGANGAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DI MA PPKP DARUL MA’LA WINONG-PATI. SOSCIED, 3(2), 66-79. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v3i2.274
Section
Articles

References

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Yosep Dwi Kristanto. (2020). “COVID-19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh”.Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.(2020).

Sri Hayati. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning”Graha Cendekia.

Tian Belawati, ”Pembelajaran Online” Universitas TerbukaKementrian Riset, Teknologi, danPendidikan Tinggi,(2019).

Budi Rahardja. (2014). ”Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet” Institute of Technology, Bandung.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektronik (E-learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2).

Nur Khasanah. (2012). "Evaluasi Pelaksanaan Program Rintisan PPJJ (Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh)." JurnalPhenomenon,: Penelitian Inovasi Pembelajaran.

Farisi, M. I. (2012). KARAKTER DAN PENGEMBANGANNYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 13(1), 52-66.

Muhammad Kristiawan, Dkk . (2017). ”Manajemen Pendidikan” Budi Utama.

Kadek Suarta. (2014).“E – Learning Konsep Dan Aplikasinya” Universitas Pendidikan Ganesa.

Wilman Rahman. (2014).“Mengenal Berbagai Macam Software”. Serpong.Surya University.

Winataputra, Udin S. (2008).” Teori Belajar dan Pembelajaran”. .Jakarta : Universitas Tebuka

Budimansyah. Dasim. (2002).“Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portopolio”, Bandung : Genesindo.

Vicky.2016. "Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Komputer - BelajarKomputer Mu",
Abstract viewed = 179 times
PDF downloaded = 180 times