PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MENGGUNAKAN ASSIGN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMA KRISTEN SONDER DENGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Main Article Content
Abstract
Implementasi merdeka belajar menuntut harus ada strategi pembelajaran diferensiasi. Pembelajaran diferensiasi adalah salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan murid dikelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran differensiasi menggunakan pendekatan assign open–ended materi pemanasan global pada siswa kelas X SMA Kristen Sonder. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Secara klasikal hasil belajar siswa melalui pembelajaran differensiasi menggunakan pendekatan assign open–ended materi pemanasan global pada siklus I yaitu 56.3 % meningkat pada siklus II sebesar 87.5% dan nilai persentasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 50%, meningkat pada siklus 2 yakni sebesar 85.7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran diferensiasi menggunakan pendekatan assign open–ended pada materi pemanasan global dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X di SMA Kristen Sonder.
Article Details
How to Cite
Tumelap, I., Tanor, M., & Kamagi, D. (2023). PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MENGGUNAKAN ASSIGN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMA KRISTEN SONDER DENGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). SOSCIED, 6(2), 603-609. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.732
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.
Marlina, M. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd
Andini, D. W. (2016). Differentiated instruction: solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3).
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 1061-1070.
Setiawan, R. H., dan Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241-257.
Saleh, M. (2020). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).
Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas; Jakarta: Bumi Aksara.
Ishak, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatka Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Larompong (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(4), 123-129.
Sudjono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Zakiah, N. E. (2017). Meningkatkan kemampuan metakognitif siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 27-38.
Alhadad, S F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended. Disertasi. UPI: Tidak dipublikasikan.
Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan metakognitif siswa: Alternatif pembelajaran di Kurikulum 2013. At-Ta’li, 5(2), 93-106.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.
Marlina, M. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd
Andini, D. W. (2016). Differentiated instruction: solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3).
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 1061-1070.
Setiawan, R. H., dan Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241-257.
Saleh, M. (2020). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).
Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas; Jakarta: Bumi Aksara.
Ishak, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatka Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Larompong (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(4), 123-129.
Sudjono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Zakiah, N. E. (2017). Meningkatkan kemampuan metakognitif siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 27-38.
Alhadad, S F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended. Disertasi. UPI: Tidak dipublikasikan.
Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan metakognitif siswa: Alternatif pembelajaran di Kurikulum 2013. At-Ta’li, 5(2), 93-106.