ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES BERDASARKAN MODEL POLYA DI SMA

  • Debora Umar Universitas Negeri Manado
  • Jeane C. Rende Universitas Negeri Manado
  • Satyano W. Mongan Universitas Negeri Manado
Keywords: kesulitan soal, hukum archimedes, model polya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi hukum archimedes berdasarkan model polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NEGERI 1 TOMBATU. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI A 1 kemudian diambil 3 siswa untuk sampel wawancara yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan baik, 1 siswa berkemampuan cukup dan 1 siswa berkemampuan kurang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan tes yang kemudian dianalisis berdasarkan tahap-tahap model polya yaitu Memahami masalah, Merencanakan pemecahan permasalahan, Melaksanakan rencana pemecahan masalah dan Memeriksa kembali kemudian dilakukan wawancara pada 3 orang siswa yang menjadi subjek penelitian. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap memahami masalah seluruh siswa mampu memahami masalah dengan baik, yaitu dengan menuliskan diketahui dan ditanyakan pada soal dengan benar dan tepat. Pada tahap merencanakan pemecahan permasalahan semua siswa mampu menuliskan dan menentukan persamaan yang digunakan dengan baik dan benar. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan

References

Rende, J., & Tulandi, D. A. (2022). Implementasi pembelajaran eksploratif tentang konsep dan proses fisika pada dinamika fenomena alam Danau Tondano. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 107-114.

Tulende, S. D., Taunaumang. H., & Mondolang, A. H. (2021). KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL FISIKA MELALUI KONSE[P MATEMATIKA AWAL PROSES PEMBELAJARAN FISIKA. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1-5.

Santrock, J.W. 2011. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.

Chi, M. T. H., & Glaser, R. (1985). Problemsolving ability. Dalam R. J. Sternberg (Ed.), Human abilities: An information-processing approach (227–250). New York: Freeman.

De Cock, M. 2012. Representation Use and Strategy Choice in Physics Problem Solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research.

Singh, C. 2008a. Assessing Student Expertise in Introductory Physics with Isomorphic Problems. I. Performance on Nonintuitive Problem Pair From Introductory. Physical Review Special Topics - Physics Education Research.

Singh, C. 2008b. Assessing Student Expertise in Introductory Physics with Isomorphic Problems. II. Effect of Some Potential Factors on Problem Solving and Transfer. Physical Review Special Topics - Physics Education Research.

Chi, M.T.H., Feltovich, P. J., & Glaser, R. 1981. Categorization and representation of physics problems by experts and novices. 5:121-152.

Shih, Y.L. & Singh, C. 2013. Using an isomorphic problem pair to learn introductory physics: Transferring from a two-step problem to a three-step problem. Physical Review Special Topics - Physics Education Research.

Irham, M. & Wiyani, N.A. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Mondolang, A. H. (2023). Evaluasi Belajar Mengajar Fisika (Buku Ajar Jilid I). Tangguh Denara Jaya Publisher.

Agustin Baya Sari, Skripsi: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Fisika Pada Materi Kalor di Kelas X SMA Lubuk linggan ( Lubuk linggan STKIP, 2015), h. 8

Purwanti, S. R. I. (2016). Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah (Problem Solving) Pada Konsep Gerak Di Kelas X MAN Rukoh Darussalam (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Gumilang, D. T. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP N 1 Bringin (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW).

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Spldv Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 29, pp. 182-190).

Marlina, L. (2013). Penerapan langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegipanjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1).

Andriani, N. L. Y., &s Darsikin, D. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal gerak lurus. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 36-41.
Published
2024-11-17
How to Cite
Umar, D., Rende, J., & Mongan, S. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES BERDASARKAN MODEL POLYA DI SMA. SOSCIED, 7(2), 509-519. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.849