PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK LAGU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMA NEGERI 1 MOTOLING

  • Meike Paat Unima
  • Ferny Margo Tumbel Universitas Negeri Manado
  • Yohanes Bery Mokalu
Keywords: Development, Learning Media, Song, PBL, , Classification of Living Things

Abstract

This study aims to develop learning media in the form of songs using the Problem Based Learning/PBL model on the classification of living things at SMA Negeri 1 Motoling. The research method used is Research and Development (R&D) Borg and Gal. The results of the research are material expert validation (90%) and media expert validation (92%) as well as teacher responses (92%) and student responses classical (94%) showing that the learning media in the form of songs using the PBL model is very suitable to be used as a learning medium.

References

Siregar, N., Sutopo, H., & Paat, M. (2019). Mobile Multimedia-based Batakologi Learning Model Development. Journal of Mobile Multimedia, 271-288.

Harsanto, R. 2005. Melatih Anak Berpikir Analitis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta. PT Gramedia Wisiasarana Indonesia

Sembiring, R., & Situmorang, J. (2015). Pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 127-140.

Nugroho, M. 2012. Multimedia pembelajaran interaktif klasifikasi makhluk hidup Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII MTS Negeri windusari Magelang. Skripsi. Yogyakarta: AMIKOM

Paat, M., Sutopo, H., & Siregar, N. (2019). Developing a Mobile Multimedia-based Learning Resource on Living of Komodo Dragons. In Proceedings of the 2019 3rd International Conference on Computer Science and Artificial Intelligence (pp. 273-277).

Saufik, I. (2021). Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-65.

Lelamula, M. D., Sasinggala, M., & Paat, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP. SCIENING: Science Learning Journal, 3(1), 22-27.

Paat, M., Sutopo, H., & Siregar, N. (2021). Developing augmented reality application on komodo dragon for elementary school children during the new normal of covid-19 pandemic. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 2761-2769.

Martono, S. M., Wowor, E. C., & Van Harling, V. N. (2022). ANALYSIS OF IMPLEMENTATION OF LEARNING DEVICES DURING THE COVID-19 PANDEMIC ODD SEMESTER 20212022 at CINTA KASIH ELEMENTARY SCHOOL. SOSCIED, 5(1), 45-62.

Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2).

Sirait, R., Yundayani, A., & Santoso, D. (2022). DEVELOPING TASK-BASED ENGLISH MATERIALS MODEL FOR STUDENTS OF PRIMARY TEACHER EDUCATION. SOSCIED, 5(1), 63-78.

Paat, M. (2022). Implementasi Multimedia Pembelajaran Biologi Berbasis Model PBL Melalui Google Classroom Di Jurusan Pendidikan Biologi Unima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas media audio pembelajaran bahasa Inggris berbasis lagu kreasi di kelas lima sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27-38.

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35-40.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Gall Meredith, Gall Joyce, Borg Walter. Educational Research, 8th ed., Boston, Pearson. 2007.

Khikmah, T. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif materi struktur dan fungsi sel di lengkapi teka-teki silang berbasis FLASH. Skripsi. Semarang: UNS

Lelamula, M. D., Sasinggala, M., & Paat, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP. SCIENING: Science Learning Journal, 3(1), 22-27.

Sara, Y., Paat, M., Lihiang, A., & Taulu, M. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Biologi Berbasis Multimedia di Era Covid-19 pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tondano. JSPB BIOEDUSAINS, 3(1), 49-58.

Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas media audio pembelajaran bahasa Inggris berbasis lagu kreasi di kelas lima sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27-38.

Anggraini, R. W. (2009). Pengembangan Media Lagu Sebagai Media Pendukung Untuk Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Pada Kelas X SMAN 2 Sidoarjo. Jurnal Laterne, 5.

Suraningsih, Eka, and Nur Izzati. "Pengembangan Lirik Lagu sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Bentuk Aljabar." Suska Journal of Mathematics Education 6.1 (2020): 069-077.

Junaedi, I., & Wahyuningsih, F. (2021). Lirik lagu lass uns gehen sebagai media pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Jerman SMA. LATERNE, 10(03), 1-14.
Published
2022-11-13
How to Cite
Paat, M., Tumbel, F., & Mokalu, Y. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK LAGU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMA NEGERI 1 MOTOLING. SOSCIED, 5(2), 287-295. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v5i2.555

Most read articles by the same author(s)