PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN AKDITIF DI SMP NEGERI 2 TONDANO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi zat aditif dan adiktif di SMP N 2 Negeri Tondano. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Tondano dengan jumlah siswa 15 orang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), mengobservasi (observation), serta melakukan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan guru adalah 69,44% pada siklus I, 94,44% pada siklus II. Persentase keaktifan siswa pada siklus I diperoleh 69,00% dan pada siklus II diperoleh 86,00%. Hasil belajar pada siklus I persentase ketuntasan 53,33%. Siklus II meningkat menjadi 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan adiktif.
References
Pristiwanti D, Bai Badariah, Sholeh Hidayat & R.S. Dewi. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 4, No. 6, Hal 7911
Pondoki.P.H, Zusje W.M Warouw, & J.A Rungkat.2023. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Steam Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Tondano. SOSCIED Vol.6 No.1
Taihuttu. R.O, Zusje W. M Warouw, & F. Harahap.2023 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Melalui Metode Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS) Vol.4 No.1 Hal.3
Sulastri, Imran, dan Arif Firmansyah.2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online. Vol.3, No.1, Hal.92
Rondonuwu, Markus R. Matrutty, Zusje W. M. Warouw.2023. Efektivitas Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat. Science Learning Journal, Vol. 4 No. 1, Hal. 95.
Rilla Wahana. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba. Hal. 300
Asyafah, Abas. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam): Indonesian Journal of Islamic Education - Vol. 6 No. 1
Hendrika.E.2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Kota Bengkulu.
Weldy Nugroho Detagory, Fattah Hanurawan, Susriyati Mahanal. 2017. Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema: 6 Nomor: 46.
Budiarti, Yesi & Hera Mutiah. 2021. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Journal of Elementary School Education Vol. 1 No. 1 Hal. 14
Masruri.M, M.Taufiq, M.T, Hidayat & S.Ghufron. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd Kyai Hasyim Surabaya. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 8 No. 2 Hal.249
Ilhamdi.M.L, D.Novita, & N.K.Rosyidah.2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Kontekstual. 1(2), 52.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: alfabeta.
Berry, M.H. and Berry,G. 2018. Reading an Object: Developing Effective Scientific Inquiry Using Student Questions. European Journal of Science and Mathematics Education, Vol.2 No.2, pp. 87-97
Juliana, 2018. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII semester II SMPN 5 Siak Kecil Kec. Siak Kecil Kab. Bengkalis. Jurnal PAJAR (Pendidik dan Pengajar) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Vol. 2, No. 4.
Suwandi, 2022. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif melalui penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri di kelas VIII C SMP Negeri 1 Serangpanjang. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, Vol. 05, No. 2
Copyright (c) 2024 SOSCIED

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong