Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMP Negeri 6 Tondano
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano pada bulan April semester genap kemampuan tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan simple random sampling dengan cara pengundian antar kelas VIII A dan VIII B secara acak. Instrument utama yang digunakan yaitu tes pilihan ganda sebanyak 10 butir soal yang kemudian dianalisis dengan uji t. Hasil uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 27 diperoleh data Sig < α, yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 di tolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Ekskresi Manusia.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Ekskresi Manusia.
Article Details
How to Cite
Sidampoi, T., Suriani, N., Harahap, F., Rogahang, M., & Rungkat, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMP Negeri 6 Tondano. SOSCIED, 7(2), 450-459. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.841
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Sadia, I. W. (2014). Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Santrock John, W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching critical thinking and problem solving skills. The Journal of Research in Business Education, 50(2), 90.
Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana
Sukmadinata, N. S., & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: PT. Refika Aditama.
Suwarma, D. M. (2009). Suatu alternatif pembelajaran kemampuan berpikir kritis matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks. blem-based learning environments. Journal of Gifted education and creativity, 2(2), 71-80.
Sanjaya, D. H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan.
Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318.
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17-23.
Triyuningsih, E. (2011). Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (Prblem based learning) terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa.
Riduwan, R. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.[Easy Learning Research for Teachers-Employees and Beginners Researchers].(Vol. 10). CV. Alfabeta.[in Indonesian].
Trihendradi, C. (2010). Step by Step SPSS 18 Aplikasi Data Statistik
Riadi, E. (2016). Statistik penelitian, analisis manual dan IBM SPSS edisi pertama. Penerbit Andi Obset. Yogyakarta.
Birgili, B. (2015). Creative and critical thinking skills in pro
Silberman, M. (2013). Pembelajaran aktif 101 strategi untuk mengajar secara aktif. Jakarta: PT. Indeks.
Rosita, I. I., & Bahriah, E. S. (2016, September). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. In Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi.
Redhana, I. W. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran, 46(1).
Fisher, A. (2009). Berpikir kritis sebuah pengantar. Jakarta: Erlangga, 4.
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 7(1).
Masek, A., & Yamin, S. (2011). The effect of problem based learning on critical thinking ability: a theoretical
Sari, Devi Diyas. (2012). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keampuan Berpikir Kritis Siswa Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Marentek, T. W., Yalindua, A., & Tanor, M. N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD-Elektronik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken. SOSCIED, 7(1), 270-278.
Hesy, H., Poluakan, C., & Rungkat, J. A. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Genta Mulia, 14(2).
Santrock John, W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching critical thinking and problem solving skills. The Journal of Research in Business Education, 50(2), 90.
Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana
Sukmadinata, N. S., & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: PT. Refika Aditama.
Suwarma, D. M. (2009). Suatu alternatif pembelajaran kemampuan berpikir kritis matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks. blem-based learning environments. Journal of Gifted education and creativity, 2(2), 71-80.
Sanjaya, D. H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan.
Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318.
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17-23.
Triyuningsih, E. (2011). Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (Prblem based learning) terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa.
Riduwan, R. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.[Easy Learning Research for Teachers-Employees and Beginners Researchers].(Vol. 10). CV. Alfabeta.[in Indonesian].
Trihendradi, C. (2010). Step by Step SPSS 18 Aplikasi Data Statistik
Riadi, E. (2016). Statistik penelitian, analisis manual dan IBM SPSS edisi pertama. Penerbit Andi Obset. Yogyakarta.
Birgili, B. (2015). Creative and critical thinking skills in pro
Silberman, M. (2013). Pembelajaran aktif 101 strategi untuk mengajar secara aktif. Jakarta: PT. Indeks.
Rosita, I. I., & Bahriah, E. S. (2016, September). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. In Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi.
Redhana, I. W. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran, 46(1).
Fisher, A. (2009). Berpikir kritis sebuah pengantar. Jakarta: Erlangga, 4.
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 7(1).
Masek, A., & Yamin, S. (2011). The effect of problem based learning on critical thinking ability: a theoretical
Sari, Devi Diyas. (2012). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keampuan Berpikir Kritis Siswa Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Marentek, T. W., Yalindua, A., & Tanor, M. N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD-Elektronik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken. SOSCIED, 7(1), 270-278.
Hesy, H., Poluakan, C., & Rungkat, J. A. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Genta Mulia, 14(2).