Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Pembelajaran Materi Perbandingan
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih dari hasil belajar model Pembelajaran Langsung (PL) materi Perbandingan. Penelitian ini menggunakan studi komparatif dengan, desain posttest only control group design, dan menggunakan metode quasi experiment. Subjek penelitian ini ada 18 siswa dikelas VIIA adalah kelas eksperimen dan 17 siswa dikelas VIIB adalah kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model PMRI, sedangkan, pada kelas kontrol diterapkan model PL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen: 83,44, sedangkan, nilai rata-rata kelas kontrol: 74,76. Uji hipotesis menggunakan uji perbedaan rata-rata dua kelompok tidak berpasangan dengan taraf signifikasi 5%, hasil pengujian menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model PMRI, lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model PL, pada materi Perbandingan
Article Details
How to Cite
Mangobi, J., Monoarfa, J., & Diawang, M. (2024). Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Pembelajaran Materi Perbandingan. SOSCIED, 7(2), 673-679. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.869
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Angreani, R., & Ugi, L. E. (2020). Penelitian ini membahas “Pengaruh model pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa SMP negeri 5 Bau-Bau”. Diterbitkan di Jurnal Akademik Pendidikan Matematika.
Fauzan, A., & Sari, O. Y. (2017). Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Aceh, 55–63.
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan dan Implementasi. Depok: PT Raja grafindo Persada.
Halim, NH, & Rahma. (2020). Hubungan antara lingkungan belajar, motivasi, dan Kemudahan belajar terhadap hasil belajar siswa SMA pada pembelajaran matematika. Diterbitkan di Jurnal Pendidikan Mandalika Matematika.
Heuvel, P, V., Marja, & Drijvers, P. (2020). Pendidikan Matematika Realistik. Dalam Ensiklopedia Pendidikan Matematika.
Manambing, R. (2018). “Pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa”. khususnya, Materi bentuk. Jurnal Sains, Matematika, dan Edukasi.
Nurastanti, Ddk. (2019). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi Siswa Madrasah Aliyah dalam pembelajaran matematika. Diterbitkan di Buletin Penelitian dan Pendidikan.
Octavia, S. (2020). Efektifitas model pembelajaran realistik sebagai inovasi dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, Diterbitkan oleh Alfabeta.
Supardi. (2012). Matematika realistik dengan motivasi belajar siswa. Cakrawala Pendidikan.
Fauzan, A., & Sari, O. Y. (2017). Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Aceh, 55–63.
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan dan Implementasi. Depok: PT Raja grafindo Persada.
Halim, NH, & Rahma. (2020). Hubungan antara lingkungan belajar, motivasi, dan Kemudahan belajar terhadap hasil belajar siswa SMA pada pembelajaran matematika. Diterbitkan di Jurnal Pendidikan Mandalika Matematika.
Heuvel, P, V., Marja, & Drijvers, P. (2020). Pendidikan Matematika Realistik. Dalam Ensiklopedia Pendidikan Matematika.
Manambing, R. (2018). “Pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa”. khususnya, Materi bentuk. Jurnal Sains, Matematika, dan Edukasi.
Nurastanti, Ddk. (2019). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi Siswa Madrasah Aliyah dalam pembelajaran matematika. Diterbitkan di Buletin Penelitian dan Pendidikan.
Octavia, S. (2020). Efektifitas model pembelajaran realistik sebagai inovasi dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, Diterbitkan oleh Alfabeta.
Supardi. (2012). Matematika realistik dengan motivasi belajar siswa. Cakrawala Pendidikan.