ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MENURUT KLASIFIKASI KASTOLAN DI SMP NEGERI 1 TOULUAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial di kelas VII B SMP Negeri 1 Touluaan berdasarkan teori klasifikasi kastolan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas VII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan tes berupa 5 soal uraian, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial, siswa melakukan kesalahan konseptual dengan persentase sebesar 5.6%, pada kesalahan prosedural sebesar 35,2% dan pada kesalahan teknik sebesar 51,4%.
References
Khanifah, N.M. Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang
Mirawati, L. (2013). Skripsi: Diagnisis Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas X MAN 3 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 18-32.
Sundayana, Rostina. 2013. Media danAlatPeragadalamPembelajaran Matematika. Bandung: Alpabeta.
Lestari, R.A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Produktive Dispottuin dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Skripsi UNPAS. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Satiti. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menentukan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Melalui Tahapan
Rokhimah, S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Dewi, dkk. 2014. Penerapan Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam
Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2(1).
Mondolang, A. H. (2024). Evaluasi Belajar Mengajar Fisika (Jilid 2). Tangguh Denara Jaya Publisher.
Hidayah, S. (2016) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita spldv berdasarkan langkah penyelesaian polya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 29, pp. 182-190)
Hanifah, E.K. (2011). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman.Tesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel
Copyright (c) 2025 SOSCIED

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong