EKSPLORASI KONTEKS-KONSEP FISIKA BERTEMAKAN AIR TERJUN TUMIMPERAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK-EKSPLORATIF-DEMOKRATIK (TED)

Main Article Content

Wina Wina
Patricia M Silangen
Jeane V Tumangkeng

Abstract

Tematik-Eksploratif-Demokratik (TED) merupakan pendekatan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk merekonstruksi pengalaman melalui eksplorasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil eksplorasi konteks-konsep fisika dengan menggunakan tema Air Terjun Tumimperas dalam pembelajaran TED. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi dan lembar eksplorasi. Analisis data dilakukan menggunakan rubrik penilaian untuk menilai nilai rata-rata setiap kelompok pada masing-masing indikator. Hasil eksplorasi mengidentifikasi berbagai konsep fisika seperti gerak parabola, energi mekanik, tekanan, hukum Bernoulli, usaha, momentum, tumbukan, gaya gesek kinetik, dan gesekan yang teramati pada enam fenomena di air terjun Tumimperas. Kesimpulan menunjukkan adanya enam fenomena yang signifikan dalam tema air terjun. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi pembelajaran TED dengan tema fenomena alam lainnya atau kearifan lokal masyarakat sekitar, seperti tarian dan permainan tradisional. Kolaborasi penelitian juga direkomendasikan mengingat cakupan aspek yang luas dalam TED. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan pembagian kelompok agar setiap individu dapat berkontribusi secara optimal.

Article Details

How to Cite
Wina, W., Silangen, P., & Tumangkeng, J. (2024). EKSPLORASI KONTEKS-KONSEP FISIKA BERTEMAKAN AIR TERJUN TUMIMPERAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK-EKSPLORATIF-DEMOKRATIK (TED). SOSCIED, 7(1), 50-58. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i1.760
Section
Articles

References

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).

Afifah, N. (2017). Problematika pendidikan di Indonesia. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41-47.

Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175-184.

Mariati, M. (2021, August). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Perguruan Tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 749-761).

Rosyid, M. F., Firmansah, E., Prabowo, Y. D., & Periuk, P. (2015). Fisika Dasar.

Hidayatulloh, A. (2020). Pengaruh Metode Grup Investigasi Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Pembelajaran Fisika Materi Dinamika Kelas X MA NW Kabar. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 16-20.

Tulandi, D. A., & Resbal, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Eksploratif Tentang Konsep Dan Proses Fisika Di Permukaan Air Danau Tondano. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 152-157.

Cikka, H. (2019). Strategi Komunikasi Guru Memotivasi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 15(2), 359-38.

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching And Learning) Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80-88.

Silangen, Et Al. 2023 Thematic–Democratic–Exploration (TED) Learning To Improve The Cognitive And Affective Aspects On A Small Land. International Journal Of Multidisciplinary Research And Development, Volume , Issue 3, 2023, Pages 22-25

Putri, H. K., & Mahardika, I. K. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 321-326.

Lahope, K.S., Marianus.,Victor R. Suanggi (2023) Identification of Physics Concepts in Tumimperas Waterfall in Thematic–Democratic–Exploration (TED-L): Overview Of Mechanics Aspects Volume, Issue 11, 2023, Pages 107

Fitriyah, Q. (2020, December). Aplikasi Hukum Bernoulli Pada Alat Peraga Flow Meter Untuk Praktikum Mekanika Fluida. In Prosiding Seminar Nasional NCIET (Vol. 1, No. 1, pp. 277-285).

Rahmawati, Y., Ustati, R. T., Enjelika, R. E. M., Febriyana, M. M., & Astuti, I. A. D. (2020, July). Analisis Eksperimen Fisika pada Momentum Berbasis Logger Pro. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).

Riasti, M. F. (2016). Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial Pada Materi Impuls Dan Momentum.

Giancoli (2014). Fisika Edisi Ketuju 1 Jilid 1

Jordan, C., & Chawla, L. (2019). A Coordinated Research Agenda for Nature-Based Learning. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00766.

Patras, M. U., Silangen, P. M., & Tumangkeng, J. V. (2022). Eksplorasi Konteks-Konsep Fisika Di Pesisir Pantai Pulau Lembeh Untuk Pembelajaran Di Smp. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 182-186.

Rende, J., & Tulandi, D. A. (2023). Pembelajaran Eksploratif Konsep dan Proses Fisika Pada Perubahan Suhu Air Laut dan Suhu Udara di Permukaan Air Laut. SCIENING: Science Learning Journal, 4(1), 24-30.

Ngoryanto, W. M., Medellu, C. S., & Silangen, P. M. Explorative Learning (Model Hotl-Di Type A) About The Phenomenon Of Rainwater Falling From The Roof.

Tumangkeng, J., Katuuk, D. A., Pasandaran, S., & Lengkong, J. S. (2020). Design And Implementation Of Context-Concept Of Local Wisdom Machete Production In Science Learning About Energy. International Journal of Advanced Education Research.

Tambaani, N. A., Medellu, C. S., & Silangen (2020, P. M. Explorative Learning (Model Of HOTL-DI Type B) About The Pottery Production.

Silangen, P. M., & Medellu, C. S. (2019). Reflective question in explorative learning: model HOTL-DI–A and B.
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 9 times