PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 TOMBATU
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada topik fluida statis dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan media presentasi di SMA Negeri 1 Tombatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Subjek siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tombatu. Teknik pengambilan data adalah tes pada setiap siklus. Hasil yang diperoleh adalah terjadi peningkatan ketuntasan siswa siklus I sebesar 73,1% meningkat pada siklus II menjadi 96,15% dengan persentase penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik pada masing-masing siklus yaitu siklus I 76,1%,77,1%,72,1% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 94,6%,87,2%,83,2%. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media presentasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik Fluida Statis di SMA Negeri 1 Tombatu.
Article Details
How to Cite
Dewi, A., Silangen, P., & Rampengan, A. (2024). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 TOMBATU. SOSCIED, 7(2), 552-561. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.856
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Yulianti, Y., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Media Presentasi Visual dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 231. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.859
Khalik. M. A. (2017). Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 9 Makasar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 92-106.
Dahyana. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 75–79.
Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155.
Suindhia, I. W. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Petang. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 2(4), 412–418.
Nurhayati, N., Fadilah, S., & Mutmainah, M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n2.p1-7.
Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88–98.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574.
Rende, J., Tulandi, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Eksploratif tentang Konsep dan Proses Fisika pada Dinamika Fenomena Alam Danau Tondano. Charm Sains : Jurnal Pendidikan fisika. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.200
Sudjana, Nana . (2010). Penialaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet. XV. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA,SMK, dan SLB), Jakarta: Depdiknas.
Wahidmurni, dkk. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta. Nuha Litera.
Kunandar . (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peseta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nunuk, Suryani, Achmad Setiawan, Aditin Putria.(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018, h.5.
Hujair, AH Sanaky (2016). Media pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, h. 3.
Estu, Miyarso. (2019). Perancangan pembelajaran inovatif. Modul-4 PPG.
[
Smith, P. L., & Ragan, T. J. (1999). Instructional Design, New York MacMillan Publishing Company.
Reigeluth, Charles M. (1983). Instructional Design: Theories and Models. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Publ.
Mandang,T., Tulandi,D.A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Materi Listrik Dinamis. Charm Sains : Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.53628/charmsains.v1i1.5
Afandi, Muhammad. (2013). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unissula Press.
Makahinda. T, Silangen. P, Pesik. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Proyek dan Penilaian Proyek dalam Perkuliahan Termodinamika. Frontiers : Jurnal Sains dan Teknologi Universitas Negeri Manado.
Saleh, R. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. 9(1), 89–95.
Sumita. G, Silangen. P, Polii, J. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Secara Daring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tondano. Charm Sains : Jurnal Pendidikan Fisika.
Khalik. M. A. (2017). Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 9 Makasar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 92-106.
Dahyana. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 75–79.
Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155.
Suindhia, I. W. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Petang. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 2(4), 412–418.
Nurhayati, N., Fadilah, S., & Mutmainah, M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n2.p1-7.
Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88–98.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574.
Rende, J., Tulandi, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Eksploratif tentang Konsep dan Proses Fisika pada Dinamika Fenomena Alam Danau Tondano. Charm Sains : Jurnal Pendidikan fisika. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.200
Sudjana, Nana . (2010). Penialaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet. XV. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA,SMK, dan SLB), Jakarta: Depdiknas.
Wahidmurni, dkk. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta. Nuha Litera.
Kunandar . (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peseta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nunuk, Suryani, Achmad Setiawan, Aditin Putria.(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018, h.5.
Hujair, AH Sanaky (2016). Media pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, h. 3.
Estu, Miyarso. (2019). Perancangan pembelajaran inovatif. Modul-4 PPG.
[
Smith, P. L., & Ragan, T. J. (1999). Instructional Design, New York MacMillan Publishing Company.
Reigeluth, Charles M. (1983). Instructional Design: Theories and Models. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Publ.
Mandang,T., Tulandi,D.A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Materi Listrik Dinamis. Charm Sains : Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.53628/charmsains.v1i1.5
Afandi, Muhammad. (2013). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unissula Press.
Makahinda. T, Silangen. P, Pesik. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Proyek dan Penilaian Proyek dalam Perkuliahan Termodinamika. Frontiers : Jurnal Sains dan Teknologi Universitas Negeri Manado.
Saleh, R. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. 9(1), 89–95.
Sumita. G, Silangen. P, Polii, J. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Secara Daring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tondano. Charm Sains : Jurnal Pendidikan Fisika.