MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN ENERGI MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA ADVENT TANAH PUTIH

Main Article Content

Christine Heru
Treesje K Londa
Alfrie M. Rampengan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Energi mekanik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest. Teknik sampling menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan diperoleh dari nilai pretest dan postest pada tes hasil belajar siswa. Selanjutnya dianalisis dengan uji normalitas dan hipotesis (uji-t). Perolehan nilai rata-rata untuk pretest 38,96 dan posttest 75,00. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Pendekatan Kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika sebagai alternatif dikarenakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mnjadi lebih baik

Article Details

How to Cite
Heru, C., Londa, T., & Rampengan, A. (2024). MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN ENERGI MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA ADVENT TANAH PUTIH. SOSCIED, 7(2), 474-482. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.850
Section
Articles

References

Amri, Sofan, dan Iif Khoiru Ahmadi,2010 Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas, Jakarta: PT Pretasi Pustakarya.

Ambasari, Wiwin, Slamet Santosa dan Maridi,Januari 2013 “Penerapan Pembelajaran Inkuri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar

Ali Ash-Shabuni,Muhammad,Oktober 2011,Shafwatut Tafasir, Jakarta Timur: Pustaka Al – Kautsar.

Arifin, Zainal, 2011, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto,Suharsimi, 2013, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2, Jakarta: Bumi Aksara. 2003,
Manajemen Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta. 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aunurrahman, 2010, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Bahri, Syaiful, 2000, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiningsih, A. C. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rieka Cipta.

Bungin,Burhan, 2005, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana C. Giancolli, Dauglas, Fisika Edisi Kelima Jilid , Jakarta: Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis, 2011, Teori – Teori Blajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia pada http://www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/10/UU202003-Sisdiknas.pdf (diakses tanggal 12 Feb 2018).

Dimyati, Mujiono,2002,Belajar Dan Pembelajaran,Jakarta:PT.Rineka Cipta.

Elyani, Indri, 2011, “Pengaruh Model Inkuiri TerbimbingTerhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Getaran dan Gelombang”, Skripsi, Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hanafiah,Nanang, Cucu Suhana, 2012,Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Refika Aditama
[
Hendiyan, 2013, “Analisis Kemmapuan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Hands On Teknik Challenge Exploration Activity”, Skripsi, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Kristanto, Y. E. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VII SMP. Jurnal pendidikan Dan Pembelajaran. 22 (2).

Komalasari,Kokom, 2013,Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyoto, Strategi Pembelajaran Di Era Krikulum 2013, Jakarta: Penerbit : Prestasi Pustakarya, Juni 2013

Qomaliyah, E. N., Sukib, & Loka I. N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar MIPA. XI. No, 2: 105-109.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&d), Bandung: Alfabeta, Agustus 2014.

Sanjaya, Wina. Dr. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. cet.8, Jakarta: Kencana. 2011.
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 9 times