KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sifat-sifat Cahaya di SMP Negeri 8 SATAP Tondano. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 13 orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian pada indikator kemampuan berpikir kreatif fluency siswa dengan menerapkan model problem based learning diperoleh skor rata-rata secara klasikal yaitu 0,93 kategori kurang kreatif dan secara individual dengan kriteria kurang kreatif, sedangkan kemampuan berpikir flexibility siswa secara klasikal diperoleh skor rata-rata yaitu 0,60 kategori kurang kreatif dan secara individual dengan kriteria kurang kreatif dan untuk kemampuan berpikir origanility secara klasikal sebesar 1,05 kategori cukup kreatif dan secara individual dengan kriteria cukup kreatif
Article Details
How to Cite
Liboba, D., Harahap, F., Suriani, N., Rungkat, J., & Rogahang, M. (2024). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO. SOSCIED, 7(2), 736-743. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.877
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166-183.
Florida R, Mellander C, Stolarick K, Matheson Z & Heprod M (2015). The Global Creativity Index 2015. Martin Prosperity Institute.
Diki. (2013). Creativity for learning biology in higher Education. LUX: A Journal of Transdisciplinary Writing and Research from Claremont Graduate University: 3(1), 1-13.
Arnyana, Ida Bagus Putu. (2006). “Perencanaan dan Desai Model-model pembelajaran”. Singaraja. Jurusan Pendidikan Biologi. FPMIPA UNDIKSHA.
Newman, Mark J. (2005). “Problem Based Learning: An Introduction and Overview of the Key Features of the Approach”. Journal of Veterinary/Vol 3, No. 1, 12-20.
Mary C & Kitsantas A. (2013). “Supporting student self-regulated learning in problem and project based learning”. International Journal of Engineering Education 7(2):128-150.
Fakhriyah, F. (2014). “Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1):95-101.
Pariska, I. S., S. “Elniati, & Syafriandi. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan, 1(1): 75-80.
Johnson, Johnson. (2013). The Way of Thinking: Tingkatkan Cara Berpikir agar Lebih Kreatif, Rasional, dan Kritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Wulandari F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Materi Pembelajaran Matematika Dikelas IV MIN Miruk Taman Aceh Besar. (Skripsi). PTK. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Darussalam Banda Aceh.
Lesrari K. E & Mokhammad R. Y. (2015). Penelitian pendidikan Matematika. Bandung. PT Refika Aditama.
Sugiyono (2018). Metode Penelirian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Harahap Fransiska. (2019). Model Pembelajaran construction Deconstruction Reconstruction- Provocation (CDR-Po) untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran sains SMP. Disertasi tidak diterbitkan. Program Pascasarjana, Unesa.
Arini, W. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif pada materi cahaya siswa kelas delapan SMP Xaverius kota lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ,1(1),23-38.
Moreno, R. (2010). Educational Psychology. USA: Jhon Wiley and Sons Inc.
Purnamaningrum A. Dwiastuti S. Probosari R. M & Noviawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4 (3), 39–51. Surakarta.
Utomo T, Wahyuni D & Hariyadi S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1. Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1 (1), 5–9. Malang.
Amir, Taufiq. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana
[20] Rizal Abdurrozak, Asep Kurnia Jayadinata, Isrok Atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1. Sumedang.
Sidampoi, T., Suriani, N. W., Harahap, F., Rogahang, M., & Rungkat, J. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMP Negeri 6 Tondano. SOSCIED, 7(2), 450-459.
Florida R, Mellander C, Stolarick K, Matheson Z & Heprod M (2015). The Global Creativity Index 2015. Martin Prosperity Institute.
Diki. (2013). Creativity for learning biology in higher Education. LUX: A Journal of Transdisciplinary Writing and Research from Claremont Graduate University: 3(1), 1-13.
Arnyana, Ida Bagus Putu. (2006). “Perencanaan dan Desai Model-model pembelajaran”. Singaraja. Jurusan Pendidikan Biologi. FPMIPA UNDIKSHA.
Newman, Mark J. (2005). “Problem Based Learning: An Introduction and Overview of the Key Features of the Approach”. Journal of Veterinary/Vol 3, No. 1, 12-20.
Mary C & Kitsantas A. (2013). “Supporting student self-regulated learning in problem and project based learning”. International Journal of Engineering Education 7(2):128-150.
Fakhriyah, F. (2014). “Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1):95-101.
Pariska, I. S., S. “Elniati, & Syafriandi. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan, 1(1): 75-80.
Johnson, Johnson. (2013). The Way of Thinking: Tingkatkan Cara Berpikir agar Lebih Kreatif, Rasional, dan Kritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Wulandari F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Materi Pembelajaran Matematika Dikelas IV MIN Miruk Taman Aceh Besar. (Skripsi). PTK. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Darussalam Banda Aceh.
Lesrari K. E & Mokhammad R. Y. (2015). Penelitian pendidikan Matematika. Bandung. PT Refika Aditama.
Sugiyono (2018). Metode Penelirian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Harahap Fransiska. (2019). Model Pembelajaran construction Deconstruction Reconstruction- Provocation (CDR-Po) untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran sains SMP. Disertasi tidak diterbitkan. Program Pascasarjana, Unesa.
Arini, W. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif pada materi cahaya siswa kelas delapan SMP Xaverius kota lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ,1(1),23-38.
Moreno, R. (2010). Educational Psychology. USA: Jhon Wiley and Sons Inc.
Purnamaningrum A. Dwiastuti S. Probosari R. M & Noviawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4 (3), 39–51. Surakarta.
Utomo T, Wahyuni D & Hariyadi S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1. Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1 (1), 5–9. Malang.
Amir, Taufiq. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana
[20] Rizal Abdurrozak, Asep Kurnia Jayadinata, Isrok Atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1. Sumedang.
Sidampoi, T., Suriani, N. W., Harahap, F., Rogahang, M., & Rungkat, J. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMP Negeri 6 Tondano. SOSCIED, 7(2), 450-459.