PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning pada materi pewarisan sifat. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimen dengan rancangan one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di SMP Negeri 8 SATAP Tondano, sedangkan sampel penelitian adalah kelas IX yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data aktivitas belajar siswa dilakukan dengan rumus persentase dan analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 65,8% dengan kategori aktif, pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 73,44% dengan kategori aktif, dan pertemuan ketiga dengan nilai rata-rata 81,94% dengan kategori sangat aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat memperoleh nilai pre-test 43,53 dan post- test 77,35. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel (6,162 > 1,745) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berpengaruh pada hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IX SMP Negeri 8 SATAP Tondano
Article Details
How to Cite
Gani, M., Rungkat, J., Harahap, F., & Rogahang, M. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO. SOSCIED, 7(2), 706-714. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.873
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2021). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah Dan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 717-727.
Kiay, M. I. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Pascasarjana, 3(2), 138-147.
Insania, I. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Di Kelas Ix E Smp Unggulan Amanatul Ummah. Global Journal Science IPA, 1(4), 307-314.
Fitriyyah, S. J., & Wulandari, T. S. H. (2019). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran biologi materi pemanasan global. Bioedukasi UNS, 12(1), 1-7.
Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Askara.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati 2006
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Rosita, A., & Marwoto, P. (2014). Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Green Chemistry Materi Hidrolisis Garam untuk Mengembangkan Soft Skill Konservasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).
Barrett T & Cashman D. (2010). “A Practitioners’ Guide to Inquiry and Problem based Learning”. Dublin: UCD Teaching and Learning.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Adriayani, Alimin, & Asri. (2021)Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 1 Parigi Utara Melalui Model Pembelajaran PBL. Jurnal Profesi Kependidikan Vol 2(2) 2021.
Arisah, A., Adnan, A., & Amira, A. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(1), 81-88.
Hesy, H., Poluakan, C., & Rungkat, J. A. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Genta Mulia, 14(2).
Lutfiah, W., Anisa, A., & Hambali, H. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092-2098.
Sidampoi, T., Suriani, N. W., Harahap, F., Rogahang, M., & Rungkat, J. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMP Negeri 6 Tondano. SOSCIED, 7(2), 450-459.
Kiay, M. I. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Pascasarjana, 3(2), 138-147.
Insania, I. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Di Kelas Ix E Smp Unggulan Amanatul Ummah. Global Journal Science IPA, 1(4), 307-314.
Fitriyyah, S. J., & Wulandari, T. S. H. (2019). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran biologi materi pemanasan global. Bioedukasi UNS, 12(1), 1-7.
Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Askara.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati 2006
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Rosita, A., & Marwoto, P. (2014). Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Green Chemistry Materi Hidrolisis Garam untuk Mengembangkan Soft Skill Konservasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).
Barrett T & Cashman D. (2010). “A Practitioners’ Guide to Inquiry and Problem based Learning”. Dublin: UCD Teaching and Learning.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Adriayani, Alimin, & Asri. (2021)Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 1 Parigi Utara Melalui Model Pembelajaran PBL. Jurnal Profesi Kependidikan Vol 2(2) 2021.
Arisah, A., Adnan, A., & Amira, A. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(1), 81-88.
Hesy, H., Poluakan, C., & Rungkat, J. A. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Genta Mulia, 14(2).
Lutfiah, W., Anisa, A., & Hambali, H. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092-2098.
Sidampoi, T., Suriani, N. W., Harahap, F., Rogahang, M., & Rungkat, J. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMP Negeri 6 Tondano. SOSCIED, 7(2), 450-459.