HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TONDANO
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen, dengan menggunakan angket untuk mengetahui adanya hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa, menggunakan response 69 orang yang terbagi dalam tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan presentase gaya belajar Visual adalah 17,39%, gaya belajar Auditori 60,87%, dan gaya belajar Kinesthetik 21,74% sehingga bisa kita simpulkan bahwa kecenderungan gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano ialah gaya belajar Auditori. Koefisien korelasi gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA sebanyak 0,025, jika dibandingkan dengan nilai signifikansi yaitu 0,05, dari hasil ini menandakan bahwa ada perubahan yang signifikan terhadap hubungan antara gaya belajar dan hasil belajar siswa dikelas VIII SMP Negeri 3 Tondano.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar Siswa.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar Siswa.
Article Details
How to Cite
Harijanto, L., Rungkat, J., & Rogahang, M. (2023). HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TONDANO. SOSCIED, 6(1), 257-264. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i1.643
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Sugihartono (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63.
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84
Ahisya, H., Utami, D., Supriyati, S., & Farich, A. (2020). Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(1), 103-108.
Dryden, G., & Vos, J. (2004). Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution) Bagian II: Sekolah Masa Depan. Bandung: Kaifa.
Rusnayati, H., Gumelar, G. F., & Rusdiana, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berdasarkan Gaya Belajar Vark (Visual). In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-EER).
Ghufron, M. N., & Rini, R. S. (2010). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Pratiwi, Dwi, & Ratna. (2013). “ Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di kelas V SD Negeri RanduGunting 4 Kota Tegal”. Skripsi (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang).
Pujiarti, A. (2013). Hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.[Online]. Tersedia: https://eprints. uny. ac. id/15771/1/SKRIPSI% 20AMIN% 2009108241017% 20PDF. pdf.
Sari, N., & Sartika, S. B. (2021). Korelasi gaya belajar dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(1), 1-7.
Van Harling, V. N., & Martono, S. M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Didik Pada Materi Korosi. Soscied, 6(1), 38-45.
Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63.
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84
Ahisya, H., Utami, D., Supriyati, S., & Farich, A. (2020). Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(1), 103-108.
Dryden, G., & Vos, J. (2004). Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution) Bagian II: Sekolah Masa Depan. Bandung: Kaifa.
Rusnayati, H., Gumelar, G. F., & Rusdiana, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berdasarkan Gaya Belajar Vark (Visual). In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-EER).
Ghufron, M. N., & Rini, R. S. (2010). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Pratiwi, Dwi, & Ratna. (2013). “ Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di kelas V SD Negeri RanduGunting 4 Kota Tegal”. Skripsi (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang).
Pujiarti, A. (2013). Hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.[Online]. Tersedia: https://eprints. uny. ac. id/15771/1/SKRIPSI% 20AMIN% 2009108241017% 20PDF. pdf.
Sari, N., & Sartika, S. B. (2021). Korelasi gaya belajar dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(1), 1-7.
Van Harling, V. N., & Martono, S. M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Didik Pada Materi Korosi. Soscied, 6(1), 38-45.