Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati

Main Article Content

Surniati Lumandung
Jovialine Rungkat
Ferdy Dungus
Milan Rogahang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi pokok Ekologi dan Keanekaragaman Hayati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Porpusive Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIIA berjumlah 12 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB berjumlah 10 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa postest pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yakni 81,66 > 65,90 serta hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi 0.001 < 0.05, maka tolak Ho dan terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati.

Article Details

How to Cite
Lumandung, S., Rungkat, J., Dungus, F., & Rogahang, M. (2024). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati. SOSCIED, 7(1), 219-227. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i1.784
Section
Articles

References

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80-85.

Jones, L. C., Tyrer, J. R., & Zanker, N. P. (2013). Applying Laser Cutting Techniques Through Horology For Teaching Effective STEM in Design and Techonology. Design and Techonology Education, 18(3), 21-34

Kapila & Iskander. (2014). Lessons learned from conducting a K12project to revitalize achievement by using instrumentation in Science Education. Journal of of STEM Education, 15(1), 46–51.

Winarni, E. W. (2013). Perbandingan Sikap Peduli Lingkungan, Keterampilan Proses, dan Pemahaman Konsep Antara Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Ekspositori di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FIP UNJ, 5(1), 145-153.

Fauzi. (2016). The Effect of Jelajah Alam Sekitar (JAS) Approach toward the Natural Science Learning outcomes for studentswith Intellectual Disability. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan luar biasa. 4(1): 24-28

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutrisno. 2021. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
[
Thaariq, SMH, Yunita, F., & Hadi, K. (2023). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Islam Muslim Hands Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Bionatural , 10 (2).

Febrianti, W., Aseptianova, A,. & Wijayanti, T. F. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar konsep Keanekaragaman Hayati Menggunakan Model Inkuiri. Journal of Biology Learning, 1(2).

Lia Maghfirah Izzani. (2019) “Pengaruh Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics)”, skripsi, (Banda Aceh: Uin Ar-Raniry,).

Laili Yunita Susanti. (2018). “Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA/SMK Pada Materi Reaksi Redoks”, Jurnal Pendidikan Sains (JPS). Vol. 06, No.02

Martono, S., & Van Harling, V. (2022). Implementasi merdeka belajar pada mata kuliah fisika terapan. SOSCIED, 5(2), 296-311.

Kurnianingrum, A. Y. (2013). Pemanfaatan lingkungan sekolah dengan pembelajaran kontekstual pada materi keanekaragaman hayati kelas x. Universitas Negeri Semarang.
Abstract viewed = 136 times
PDF downloaded = 93 times

Most read articles by the same author(s)