PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD YPK KLAWANA DISTRIK KLAMONO KABUPATEN SORONG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pencapaian hasil belajar IPA menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Tempat penelitian SD YPK Klawana. Sampel yang digunakan kelas V SD YPK Klawana berjumlah 15 orang yang terdiri atas 5 laki – laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dengan ketuntasan belajar 91% dengan perolehan nilai tersebut maka pada siklus I dinyatakan sudah tuntas dan siklus selanjutnya di hentikan karena 15 siswa sudah mampu menyelesaikan soal – soal mencapai indikator dan tujuan pembelajaran pada materi perubahan wujud benda dan cirinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian ini dengan menggunakan metode eksperimen sangat berpengaruh untuk peningkatan hasil pelajaran IPA.
Keywords : Peningkatan Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen
References
[2] Nana Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: T Rosdakarya.
[3] Ratumanan. 2010. evaluasi Hasil Belajar yang Relevan. Surabaya : Unessa University Press.
[4] Rusyan. 2011. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
[5] Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
[6] Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
[7] Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
[8] Sumiati dan Asra. 2010. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Copyright (c) 2021 SOSCIED

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong