IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES 26 KABUPATEN SORONG

Main Article Content

Haryo Franky Souisa

Abstract

proses pembelajaran IPS ini sangat membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu banyak hafalan, kurang variatif, dan tidak kreatif, sehingga siswa kurang antusias dan kurang memahami pelajaran IPS. Hal ini dimungkinkan karena minat siswa yang antusias untuk mengikuti pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 26 Kabupaten Sorong (n=27). Penelitian ini berlangsung selama satu kali pertemuan. Data dikumpulkan dengan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Implementasi media gambar terhadap minat belajar siswa berhail dilakukan dalam proses pembelajaran, dimana dengan adanya minat belajar yang tinggi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam belajar IPS. Secara umum media gambar terhadap minat belajar IPS menghasilkan peningkatan sebesar 75%. Hal ini berarti bahwa implementasi media gambar terhadap minat belajar dalam proses pembelajaran IPS telah direpresentasikan dengan baik.

Article Details

How to Cite
Souisa, H. (2022). IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES 26 KABUPATEN SORONG. SOSCIED, 5(2), 200-214. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v5i2.511
Section
Articles

References

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2009). Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses sains berorientasi problem-based instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1).

Acesta, A. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 96-106.

Djamarah, S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Souisa, H. F. (2021). Peningkatan Hasil belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V SD YPK Klawana Distrik Klamono Kabupaten Sorong. Journal Social, Science and Education, 4(2), 84-96.

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 35-50.

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, A. (2011) Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46.

Dewi, A. S. P. M., & Rati, N. W. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 83-90.

Devi, P. K. (2010). Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: PPPPTK IPA.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Supardi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.
Abstract viewed = 174 times
PDF downloaded = 168 times