PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 60 KABUPATEN SORONG
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPS adalah masih kurangnya inovasi dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran IPS. Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat dijadikan alternatif untuk membuat siswa aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran dan membuat hasil belajar IPS siswa meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 60 Kabupaten Sorong (n=15). Penelitian ini berlangsung selama tiga kali pertemuan. Setiap pertemuan data dikumpulkan dengan observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas pembelajaran di kelas IV SD Inpres 60 Kabupaten Sorong. Nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari pertemuan pertama sampai ketiga.
Keywords : Pendekatan keterampilan proses, Hasil belajar IPS
References
Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2009). Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses sains berorientasi problem-based instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1).
Acesta, A. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 96-106.
Djamarah, S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Souisa, H. F. (2021). Peningkatan Hasil belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V SD YPK Klawana Distrik Klamono Kabupaten Sorong. Journal Social, Science and Education, 4(2), 84-96.
Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 35-50.
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, A. (2011) Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46.
Dewi, A. S. P. M., & Rati, N. W. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 83-90.
Devi, P. K. (2010). Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: PPPPTK IPA.
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., & Supardi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.
Copyright (c) 2022 SOSCIED

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong