METODE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR: TINJAUAN LITERATUR PADA MATA PELAJARAN IPS (5 TAHUN TERAKHIR)
Main Article Content
Abstract
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan aspek krusial yang menentukan keberhasilan pendidikan1. Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa adalah metode time token, yang memberikan penghargaan berupa token atas partisipasi siswa2. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan sistematis terhadap literatur mengenai penerapan metode time token dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) selama lima tahun terakhir3. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa metode time token efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi, dan hasil belajar siswa4. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai jenis time token yang digunakan, seperti kupon bicara dan media pembelajaran, serta cara implementasinya di kelas. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi guru, siswa, peneliti, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.
Keywords : time token, keaktifan belajar, ilmu pengetahuan sosial
Keywords : time token, keaktifan belajar, ilmu pengetahuan sosial
Article Details
How to Cite
Sriayu, S., & Souisa, H. (2024). METODE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR: TINJAUAN LITERATUR PADA MATA PELAJARAN IPS (5 TAHUN TERAKHIR). SOSCIED, 7(2), 499-508. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.844
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. In Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series (Vol. 5, No. 1).
Widiastuti, A. (2019). PENERAPAN METODE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. SOCIAL STUDIES, 4(2).
Paksi, G. R. (2022). Time Token Arends: Sebuah Strategi Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Kelas. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 345-352.
Erdiani, Y. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN PPKn (Penelitian Tindakan Kelas di X IPA 5 SMA Negeri 7 Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Monita, T., Dadi, S., & Setiono, P. (2021). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token untuk Meningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IVB SDN 88 Bengkulu Tengah. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 388-399.
Yanti, D. R., Hefni, H., & Wahyuni, Y. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Sosiologi Siswa Kelas X 3 di SMAN 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3746-3750.
Yulaini, E., Whidhi, D., & Sartika, E. (2020). Perbedaan Hasil Pembelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Time Token dan Think Talk Write. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 1-12.
Aryaningrum, K. (2018). The Effect Of Time Token Learning Model On Students Critical Ability In Social Studies (Geography). Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 3(2), 190-198.
Fadil, K. F., Fitriani, D., & Iktiono, G. (2023). Pengaruh Time Token Arends Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Kelas V. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 108-125.
Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076-4084.
Ni'mah, F. H. (2018). Pengaruh Time Token terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial Siswa. BASIC EDUCATION, 7(35), 3-447.
Prasetiya, M. I. A. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE TIME TOKEN. BASIC EDUCATION, 6(3), 248-256.
Isjoni, I., & Al-Fiqri, Y. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBASIS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 6 MANDAU. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(3), 151-266.
Rahayu, D. P. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Time Token Siswa Kelas VIII SMP. BaJET (Baturaja Journal of Education Technology), 4(1), 207-211.
Ningsih, K. A. M. P., & Lasmawan, I. W. (2023). Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Sway Berpengaruh terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 229-238.
Purnamasari, N. (2017). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Kelas XI IPS 2 SMAN 2 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).
Amalia, I., & Hardi, V. A. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(2), 226-241.
Tutuarima, N., & Souisa, H. F. (2023). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE TIME TOKEN MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 53 KABUPATEN SORONG. SOSCIED, 6(2), 373-389.
[
Rahmawati, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe time token untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Bakoba: Journal of Social Science Education, 1(2), 77-83.
Lazim, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang Dengan Metode Time Token Pada Siswa Kelas VII. A SMPN 3 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).
Simanjuntak, T. (2019). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Time Token Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 24 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 293-303.
Setiawaty, N. A., Laia, A., & Pangaribuan, Y. R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 064017 MEDAN. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 525-531.
Pangaribuan, Y. R., Silalahi, T. M., & Nainggolan, M. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 064983 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 364-368.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.
Nugraha, W., & Herdiana, D. TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN.
Widiastuti, A. (2019). PENERAPAN METODE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. SOCIAL STUDIES, 4(2).
Paksi, G. R. (2022). Time Token Arends: Sebuah Strategi Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Kelas. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 345-352.
Erdiani, Y. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN PPKn (Penelitian Tindakan Kelas di X IPA 5 SMA Negeri 7 Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Monita, T., Dadi, S., & Setiono, P. (2021). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token untuk Meningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IVB SDN 88 Bengkulu Tengah. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 388-399.
Yanti, D. R., Hefni, H., & Wahyuni, Y. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Sosiologi Siswa Kelas X 3 di SMAN 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3746-3750.
Yulaini, E., Whidhi, D., & Sartika, E. (2020). Perbedaan Hasil Pembelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Time Token dan Think Talk Write. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 1-12.
Aryaningrum, K. (2018). The Effect Of Time Token Learning Model On Students Critical Ability In Social Studies (Geography). Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 3(2), 190-198.
Fadil, K. F., Fitriani, D., & Iktiono, G. (2023). Pengaruh Time Token Arends Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Kelas V. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 108-125.
Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076-4084.
Ni'mah, F. H. (2018). Pengaruh Time Token terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial Siswa. BASIC EDUCATION, 7(35), 3-447.
Prasetiya, M. I. A. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE TIME TOKEN. BASIC EDUCATION, 6(3), 248-256.
Isjoni, I., & Al-Fiqri, Y. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBASIS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 6 MANDAU. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(3), 151-266.
Rahayu, D. P. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Time Token Siswa Kelas VIII SMP. BaJET (Baturaja Journal of Education Technology), 4(1), 207-211.
Ningsih, K. A. M. P., & Lasmawan, I. W. (2023). Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Sway Berpengaruh terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 229-238.
Purnamasari, N. (2017). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Kelas XI IPS 2 SMAN 2 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).
Amalia, I., & Hardi, V. A. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(2), 226-241.
Tutuarima, N., & Souisa, H. F. (2023). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE TIME TOKEN MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 53 KABUPATEN SORONG. SOSCIED, 6(2), 373-389.
[
Rahmawati, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe time token untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Bakoba: Journal of Social Science Education, 1(2), 77-83.
Lazim, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang Dengan Metode Time Token Pada Siswa Kelas VII. A SMPN 3 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).
Simanjuntak, T. (2019). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Time Token Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 24 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 293-303.
Setiawaty, N. A., Laia, A., & Pangaribuan, Y. R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 064017 MEDAN. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 525-531.
Pangaribuan, Y. R., Silalahi, T. M., & Nainggolan, M. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 064983 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 364-368.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.
Nugraha, W., & Herdiana, D. TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN.