PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS V SD INPRES 53 KABUPATEN SORONG
Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistimatis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Tipe belajar mencari pasangan (make a match) dikembangkan oleh Lorna Curan (1994). Salah satu keunggulan teknik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai satu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Teknik ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkat usia anak didik. Pada dasarnya kegiatan hasil belajar merupakan kegiatan memberikan penilaian seorang guru terhadap perkembangan siswa. Informasi mengenai hasil penilaian proses dan hasil belajar serta hasil mengajar yaitu berupa penguasaan indikator yang telah ditetapkan. Untuk peserta didik dalam pencapaian pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penilaian hasil belajar terbagi atas tiga bagian yaitu : tes tormatif; tes sumatif; dan tes submatif. Maka perlu dilakukan suatu penilitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar yang dilaksanakan di SD Inpres 53 Kabupaten Sorong.
Article Details
How to Cite
Souisa, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS V SD INPRES 53 KABUPATEN SORONG. SOSCIED, 2(1), 5-18. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v2i1.165
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Ari Kunto. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi revisi. Reneka Cipta: Jakarta
Hamzah B.Uno. 2012. Menjadi penelitian PTK yang professional. Jakarta :Bumi Aksara
Lie. A. 2005, Coorative Learning (Mempraktekan Kooperatif Learning di ruang-ruang kelas, Jakarta :Grasindo
Mulyasa,H.E.2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam proses belajar mengajar: PT. Bumi Angkasa
Purwanto. M. N, 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya
Ratumanan. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESSA University Press
Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran edisi 2. Surabaya : UNESSA University Press
Susilo.2009.Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Tutuhatunewa. E. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disajikan dalam pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Universitas Pattimura Ambon
Wenno.2010. Desain Penelitian Pendidikan dan teknik analisa data. Jogjakarta : Grafika Indah
WinaSanjaya. 2008. Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Ari Kunto. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi revisi. Reneka Cipta: Jakarta
Hamzah B.Uno. 2012. Menjadi penelitian PTK yang professional. Jakarta :Bumi Aksara
Lie. A. 2005, Coorative Learning (Mempraktekan Kooperatif Learning di ruang-ruang kelas, Jakarta :Grasindo
Mulyasa,H.E.2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam proses belajar mengajar: PT. Bumi Angkasa
Purwanto. M. N, 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya
Ratumanan. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESSA University Press
Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran edisi 2. Surabaya : UNESSA University Press
Susilo.2009.Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Tutuhatunewa. E. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disajikan dalam pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Universitas Pattimura Ambon
Wenno.2010. Desain Penelitian Pendidikan dan teknik analisa data. Jogjakarta : Grafika Indah
WinaSanjaya. 2008. Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup