PENERAPAN MODEL DIRECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA SD NEGERI 23 KABUPATEN SORONG

Main Article Content

Haryo Franky Souisa
Herlina Anita Kalapain

Abstract

This study aims to improve student civics learning outcomes by applying the direct learning model in second-grade elementary students in Sorong Regency, Teluk Dore Village. We applied a pre-experimental design and used pretest-posttest by taking tests to students. This study benefit schools by increasing civics learning outcomes through direct learning model. The results of research regarding the application of the direct learning learning model can improve Civics learning outcomes, especially in living in harmony.
 
Keywords : direct learning, civics, learning outcomes

Article Details

How to Cite
Souisa, H., & Kalapain, H. (2023). PENERAPAN MODEL DIRECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA SD NEGERI 23 KABUPATEN SORONG. SOSCIED, 6(1), 80-85. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i1.602
Section
Articles

References

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.

Widodo, A. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 5, pp. 2077-2081).

Sihotang, A. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi dan Metode Inkuiri Pada Materi Bangun Ruang Balok Tahun Ajaran2013/204.

Rusnihati, B. S. (2018). Upaya peningkatan aktivitas belajar pkn melalui pendekatan problem posing dengan latar pembelajaran kooperatif siswa kelas ix d smp negeri 13 mataram tahun pelajaran 2015/2016. MEDIA BINA ILMIAH, 13(2), 887.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35-56.

Silver, Harvey F, dkk. 2012. Strategi-strategi Pengajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning Dan Direct Instruction. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83-96.

Ridwan, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Konstruksi Batu Pembelajaran Direct Instruction di SMK Negeri Bireun. Jurnal Serambi Akademica, 5(2), 45-52.

Tiro, M.A., & Ahmar, A.S. 2014.Penelitian Eksperimen: Merancang, Melaksanakan dan Melaporkan. Makassar: Andira Publisher.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Kurniasih, T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas I SDN 006 TRI Mulya Jaya. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 275-287.

Arbaatin, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkat kan Hasil Belajar Tema Permainan Pada Siswa Kelas 1 SDN Mojogeneng Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 628-641.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosmi, N. (2017). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 003 Pulau Jambu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 162-167.

Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran langsung. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1(1), 83-90.

Handayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120-131.
Abstract viewed = 55 times
PDF downloaded = 68 times