PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENAPASAN MANUSIA DI SMP NEGERI 3 TONDANO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tondano. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Porpusive Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIIA berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB berjumlah 14 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes. Berdasarkan data postest diperoleh rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen 69,68 lebih besar dibandingakn kelas kontrol 57,85 dan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi 0.010 < 0.05, maka tolak Ho dan terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano yang diajarkan menggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasa manusia.
Article Details
How to Cite
Sangkong, R., Suriani, N., & Harahap, F. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENAPASAN MANUSIA DI SMP NEGERI 3 TONDANO. SOSCIED, 8(1), 57-66. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i1.914
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Bangun, S. Y. (2016). Peingeimbaingain Peingeitaihuain Anaik Difaibeil Meilailui Peindidikain Jaismaini Olaihraigai dain Outboiund. Joiurnail Physicail Educaitioin, Heiailth aind Reicreiaitioin, 1(1), 70
Heindriainai, E. C. (2018). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning dain Gaiyai Beilaijair Auditoiriail Teirhaidaip Haisil Beilaijair IPS di Seikoilaih Daisair. JPDI (Jurnail Peindidikain Daisair Indoineisiai), 3(1), 1–8.
Sairi, D. R., Haisainaih, D., Raimbei, A. K., & Mukrai, M. R. (2024). Studi Liteiraitur: Anailisis Peineiraipain Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning Dailaim Meiningkaitkain Keimaimpuain Beirpikir Kritis Paidai Maiteiri Peirnceimairain Lingkungain Keilais X SMA Meithoidist Lubuk Paikaim:(Liteiraiturei Study: Anailysis oif thei Applicaitioin oif thei Proibleim Baiseid Leiairning Moideil in Improiving Criticail Thinking Abilitieis oin Enviroinmeintail Poillutioin Maiteiriail foir Claiss X Lubuk Paikaim Meithoidist High Schoioil). BIODIK, 10(2), 111-120.
Deisriyainti, R. D., & Laizulvai, L. (2016). Peineiraipain proibleim baiseid leiairning paidai peimbeilaijairain koinseip hidroilisi gairaim untuk meiningkaitkain haisil beilaijair siswai. JTK (Jurnail Taidris Kimiyai), 1(2), 70-78.
Mundilairtoi, M., & Ismoiyoi, H. (2017). Effeict oif Proibleim Baiseid Leiairning oin Improiveimeint Physics Achieiveimeint aind Criticail Thinking OF Seinioir High Schoioil Studeint. Joiurnail oif Bailtic Scieincei Educaitioin, 16(5)
Tainjung, Haisiain Roimaidoin. Syaihrul R. Thaihair. Hairris Effeindi. (2013). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Koioipeiraitif Tipei Think Paiir Shairei Dain Tipei Twoi Staiy Twoi Straiy Teirhaidaip Haisil Beilaijair Baihaisai Indoineisiai Siswai Keilais X Smai Neigeiri 1 Angkoilai Bairait Kaibupaitein Taipainuli Seilaitain. Jurnail Baihaisai, Saistrai dain Peimbeilaijairain. 1(1
Heirmaiwain, D. (2017). Bukain Peimbeilaijairain Biaisai. Baindung: MG Publisheir
Sutrisnoi, Vailiaint Lukaid Peirdainai. (2016). Faiktoir-Faiktoir Yaing Meimpeingairuhi Haisil Beilaijair Siswai Paidai Peimbeilaijairain Praiktik Keilistrikain Otoimoitif Smk Di Koitai Yoigyaikairtai. Jurnail Peindidikain Voikaisi. 6(1): 111-120
Supraitiknyai. (2018). Peinilaiiain Haisil Beilaijair deingain Teiknik Nointeis. Yoigyaikairtai: Univeirsitais Sainaitai Dhairmai
Susaintoi, A. (2013). Teioiri Beilaijair dain Peimbeilaijairain Di Seikoilaih Daisair. Jaikairtai: Keincainai Preinaidai Meidiai Groiup.
Roisitai, A., & Mairwoitoi, P. (2014). Peiraingkait Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning Beiroirieintaisi Greiein Cheimistry Maiteiri Hidroilisis Gairaim untuk Meingeimbaingkain Soift Skill Koinseirvaisi Siswai. Jurnail Peindidikain IPA Indoineisiai, 3(2).
Ridwain., 2013, Inoivaisi Peimbeilaijairain, Jaikairtai: Bumi Aksairai.
Arikuntoi, S. (2010). Meitoidei Peineilitiain. Jaikairtai: Bumi Aksairai.
Sugiyoinoi. (2016). “Meitoidei Peineilitiain Kuaintitaitif, Kuailitaitif, dain R&D”. Baindung: Alfaibeitai.
Mundilairtoi, M., & Ismoiyoi, H. (2017). Effeict oif Proibleim Baiseid Leiairning oin Improiveimeint Physics Achieiveimeint aind Criticail Thinking OF Seinioir High Schoioil Studeint. Joiurnail oif Bailtic Scieincei Educaitioin, 16(5)
Gaini, M., Rungkait, J., Hairaihaip, F., & Roigaihaing, M. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO. SOSCIED, 7(2), 706-714.
Gaillaigeir, S. A., Sheir, B. T., Steipiein, W. J., & Woirkmain, D. (2010). Impleimeinting Proibleim Baiseid Leiairning in Scieincei Claissroioims. Joiurnail oif Scieincei aind Maitheimaitics, 95(3), 136-146.
Sidaimpoii, T., Suriaini, N. W., Hairaihaip, F., Roigaihaing, M., & Rungkait, J. A. (2024). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning Teirhaidaip Keimaimpuain Beirpikir Kritis Siswai Paidai Maiteiri Sisteim Ekskreisi Mainusiai di SMP Neigeiri 6 Toindainoi. SOSCIED, 7(2), 450-459.
Liboibai, D., Hairaihaip, F., Suriaini, N. W., Rungkait, J., & Roigaihaing, M. (2024). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO. SOSCIED, 7(2), 736-743.
Anwair, M., Seiptiaini, L. R., & Khaiyaitun, N. (2023, Jainuairy). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning dain Meidiai Peimbeilaijairain Maiteimaitikai Inteiraiktif teirhaidaip Minait Beilaijair Siswai. In ProiSANDIKA UNIKAL (Proisiding Seiminair Naisioinail Peindidikain Maiteimaitikai Univeirsitais Peikailoingain) (Voil. 4, Noi. 1, pp. 177-184).
Dairlin, I., & Faithoinaih N. (2020). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning Teirhaidaip Haisil Beilaijair Siswai Keilais VIII SMP Neigeiri 48 Suraibaiyai. Jurnail Peidaigoigy, 6(1), 104-115.
Baichtiair, S., Zubaiidaih, S., Coireibimai, A. D., & Indriaiwaiti, S. E. (2018). Thei Spirituail aind Soiciail Attitudeis oif Studeints Toiwairds Inteigraiteid Proibleim Baiseid Leiairning Moideils Issueis in Educaitioinail Reiseiairch, 28(2), 254-270.
Heindriainai, E. C. (2018). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning dain Gaiyai Beilaijair Auditoiriail Teirhaidaip Haisil Beilaijair IPS di Seikoilaih Daisair. JPDI (Jurnail Peindidikain Daisair Indoineisiai), 3(1), 1–8.
Sairi, D. R., Haisainaih, D., Raimbei, A. K., & Mukrai, M. R. (2024). Studi Liteiraitur: Anailisis Peineiraipain Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning Dailaim Meiningkaitkain Keimaimpuain Beirpikir Kritis Paidai Maiteiri Peirnceimairain Lingkungain Keilais X SMA Meithoidist Lubuk Paikaim:(Liteiraiturei Study: Anailysis oif thei Applicaitioin oif thei Proibleim Baiseid Leiairning Moideil in Improiving Criticail Thinking Abilitieis oin Enviroinmeintail Poillutioin Maiteiriail foir Claiss X Lubuk Paikaim Meithoidist High Schoioil). BIODIK, 10(2), 111-120.
Deisriyainti, R. D., & Laizulvai, L. (2016). Peineiraipain proibleim baiseid leiairning paidai peimbeilaijairain koinseip hidroilisi gairaim untuk meiningkaitkain haisil beilaijair siswai. JTK (Jurnail Taidris Kimiyai), 1(2), 70-78.
Mundilairtoi, M., & Ismoiyoi, H. (2017). Effeict oif Proibleim Baiseid Leiairning oin Improiveimeint Physics Achieiveimeint aind Criticail Thinking OF Seinioir High Schoioil Studeint. Joiurnail oif Bailtic Scieincei Educaitioin, 16(5)
Tainjung, Haisiain Roimaidoin. Syaihrul R. Thaihair. Hairris Effeindi. (2013). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Koioipeiraitif Tipei Think Paiir Shairei Dain Tipei Twoi Staiy Twoi Straiy Teirhaidaip Haisil Beilaijair Baihaisai Indoineisiai Siswai Keilais X Smai Neigeiri 1 Angkoilai Bairait Kaibupaitein Taipainuli Seilaitain. Jurnail Baihaisai, Saistrai dain Peimbeilaijairain. 1(1
Heirmaiwain, D. (2017). Bukain Peimbeilaijairain Biaisai. Baindung: MG Publisheir
Sutrisnoi, Vailiaint Lukaid Peirdainai. (2016). Faiktoir-Faiktoir Yaing Meimpeingairuhi Haisil Beilaijair Siswai Paidai Peimbeilaijairain Praiktik Keilistrikain Otoimoitif Smk Di Koitai Yoigyaikairtai. Jurnail Peindidikain Voikaisi. 6(1): 111-120
Supraitiknyai. (2018). Peinilaiiain Haisil Beilaijair deingain Teiknik Nointeis. Yoigyaikairtai: Univeirsitais Sainaitai Dhairmai
Susaintoi, A. (2013). Teioiri Beilaijair dain Peimbeilaijairain Di Seikoilaih Daisair. Jaikairtai: Keincainai Preinaidai Meidiai Groiup.
Roisitai, A., & Mairwoitoi, P. (2014). Peiraingkait Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning Beiroirieintaisi Greiein Cheimistry Maiteiri Hidroilisis Gairaim untuk Meingeimbaingkain Soift Skill Koinseirvaisi Siswai. Jurnail Peindidikain IPA Indoineisiai, 3(2).
Ridwain., 2013, Inoivaisi Peimbeilaijairain, Jaikairtai: Bumi Aksairai.
Arikuntoi, S. (2010). Meitoidei Peineilitiain. Jaikairtai: Bumi Aksairai.
Sugiyoinoi. (2016). “Meitoidei Peineilitiain Kuaintitaitif, Kuailitaitif, dain R&D”. Baindung: Alfaibeitai.
Mundilairtoi, M., & Ismoiyoi, H. (2017). Effeict oif Proibleim Baiseid Leiairning oin Improiveimeint Physics Achieiveimeint aind Criticail Thinking OF Seinioir High Schoioil Studeint. Joiurnail oif Bailtic Scieincei Educaitioin, 16(5)
Gaini, M., Rungkait, J., Hairaihaip, F., & Roigaihaing, M. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO. SOSCIED, 7(2), 706-714.
Gaillaigeir, S. A., Sheir, B. T., Steipiein, W. J., & Woirkmain, D. (2010). Impleimeinting Proibleim Baiseid Leiairning in Scieincei Claissroioims. Joiurnail oif Scieincei aind Maitheimaitics, 95(3), 136-146.
Sidaimpoii, T., Suriaini, N. W., Hairaihaip, F., Roigaihaing, M., & Rungkait, J. A. (2024). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning Teirhaidaip Keimaimpuain Beirpikir Kritis Siswai Paidai Maiteiri Sisteim Ekskreisi Mainusiai di SMP Neigeiri 6 Toindainoi. SOSCIED, 7(2), 450-459.
Liboibai, D., Hairaihaip, F., Suriaini, N. W., Rungkait, J., & Roigaihaing, M. (2024). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI SMP NEGERI 8 SATAP TONDANO. SOSCIED, 7(2), 736-743.
Anwair, M., Seiptiaini, L. R., & Khaiyaitun, N. (2023, Jainuairy). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning dain Meidiai Peimbeilaijairain Maiteimaitikai Inteiraiktif teirhaidaip Minait Beilaijair Siswai. In ProiSANDIKA UNIKAL (Proisiding Seiminair Naisioinail Peindidikain Maiteimaitikai Univeirsitais Peikailoingain) (Voil. 4, Noi. 1, pp. 177-184).
Dairlin, I., & Faithoinaih N. (2020). Peingairuh Moideil Peimbeilaijairain Proibleim Baiseid Leiairning Teirhaidaip Haisil Beilaijair Siswai Keilais VIII SMP Neigeiri 48 Suraibaiyai. Jurnail Peidaigoigy, 6(1), 104-115.
Baichtiair, S., Zubaiidaih, S., Coireibimai, A. D., & Indriaiwaiti, S. E. (2018). Thei Spirituail aind Soiciail Attitudeis oif Studeints Toiwairds Inteigraiteid Proibleim Baiseid Leiairning Moideils Issueis in Educaitioinail Reiseiairch, 28(2), 254-270.